course-net
Search
Close this search box.

User Interface Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Pentingnya

Minet

November 1, 2022

User Interface Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Pentingnya

User Interface Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Pentingnya – Pasti Anda yang sering membuka sebuah website pernah menemukan website dengan tampilan yang buruk. Hal ini tentu akan sangat menyebalkan. Anda juga pasti akan kebingungan dan kesulitan untuk menggunakan website tersebut.

Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab mengapa website perlu memperhatikan terkait dengan user interface atau UI. Apakah Anda tahu apa itu user interface? Selengkapnya tentang UI akan dibahas pada artikel di bawah ini.

User Interface Adalah ? Belajar Mengenal User Interface

Pengertian User Interface

User Interface Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Pentingnya

User interface adalah tampilan visual dari suatu produk untuk menjembatani sistem dengan user atau pengguna. User interface atau yang dikenal juga dengan UI ini merupakan tampilan yang meliputi warna, tulisan, bentuk, serta desain yang menarik.

UI ini merupakan tampilan produk yang dapat dilihat oleh pengguna sehingga harus dibuat semenarik mungkin.

User interface ini jadi salah satu strategi yang paling penting dalam mempresentasikan web ataupun aplikasi dengan cara terbaiknya sehingga UX atau user experience dapat lebih optimal lagi.

User interface ini dapat sebagai kesan pertama untuk pengguna perlu adanya perencanaan dalam merancang bagian visual dari UI ini.

Jenis User Interface Adalah ?

User interface sendiri memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

  • Graphical UI, jenis UI ini merupakan perangkat input yang bisa menghasilkan output yaitu berupa visual contohnya ada keyboard serta monitor.
  • From-based UI, yang merupakan suatu tampilan antarmuka untuk digunakan dalam memasukkan data ke sebuah program ataupun aplikasi yang memberikan tawaran terbatas.
  • Menu driven UI, yaitu UI yang bisa menggunakan daftar pilihan agar dapat menavigasi web atau program. Sebagai contoh ada ATM perangkat tersebut menggunakan menu driven ini untuk digunakan sehingga nasabahnya bisa menggunakan dengan sangat mudah.
  • Voice UI, merupakan bentuk dari perangkat yang menggunakan perintah suara sehingga dapat terjadi interaksi antara manusia dan mesin. Sebagai contoh yaitu ada GPS, Virtual Assistant, talk to text, dan lain sebagainya.
  • Touch UI, yaitu antarmuka yang dapat dioperasikan dengan menggunakan sentuhan. Pengguna dapat menemukan berbagai jenis UU ini dan sebagian besar yang digunakan pada tablet smartphone serta perangkat yang menggunakan layar sentuh untuk dengan menggunakan input haptic.

Fungsi dari UI

Fungsi dari UI

User interface sendiri memiliki tujuan utama untuk menampilkan antarmuka depan sebuah sistem sehingga dapat dengan mudah digunakan efisien serta pengguna juga lebih senang berinteraksi dengan sistem.

User interface ini sangatlah penting untuk pemenuhan harapan pengguna dalam fungsionalitas suatu aplikasi ataupun website yang lebih efektif.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi user interface yang harus Anda tahu!

  • Menciptakan kesan pertama bagi pengguna

Fungsi dari user interface yang pertama yaitu menciptakan kesan pertama. Pada saat Anda datang ke suatu tokoh dengan etalase yang rapi pasti akan nyaman juga untuk berbelanja dan menemukan produk yang dibutuhkan dengan cepat tentunya.

Hal ini juga berlaku pada suatu aplikasi ataupun website. Penggunaan user interface ini dapat memberikan kesan baik yang memungkinkan pengguna untuk betah dalam menggunakannya apabila produk ataupun website yang Anda miliki menggunakan UI dengan baik maka pengguna juga akan lebih mudah dalam menggunakan serta menganggap bahwa website tersebut ramah pengguna.

Tetapi sebaliknya jika website yang Anda miliki memiliki UI yang buruk tentu saja pengguna juga akan ragu untuk menggunakan serta mengunjungi website Anda. Pengguna jauh lebih memilih website dengan tampilan yang baik dan mudah dimengerti.

  • Memberikan Pengalaman yang Baik untuk Pengguna

Fungsi selanjutnya dari UI yaitu untuk memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna mereka. Suatu produk harus bisa digunakan dengan mudah sehingga manfaat produk tersebut akan lebih terasa.

Tak hanya pada saat pertama kali saja tetapi juga di pemakaian-pemakaian berikutnya sehingga user interface ini dapat memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang baik dalam mengakses website.

Dalam mendesain suatu website dengan menggunakan user interface ini Anda harus membuat jelas di mana letak dari menu tombol serta elemen lain yang penting sehingga navigasinya juga akan lebih mudah untuk pengguna.

Salah satu contoh user interface design yang baik harus memiliki informasi yang terstruktur. Pernahkah Anda melihat sebuah tampilan website dengan desain yang ramai dan penuh informasi tetapi dapat dengan baik?

Website seperti inilah yang menjadi keinginan bagi para pengguna untuk memudahkan dalam mengerti isi dari website tersebut.

Selain itu user interface website juga harus jelas dan ringkas. Jika terlalu panjang definisi serta penjelasannya maka suatu website akan terlihat berantakan. Pengunjung akan menghabiskan waktu hanya untuk membaca sebuah deskripsi yang ada di website Anda saja. Mungkin untuk membuat website yang lebih ringkas dan tidak terlalu panjang.

Hal tersebut karena tampilan pertama jika dibuat ringkas serta jelas ini dapat memudahkan pengguna dalam memilih produk dan informasi lainnya yang dibutuhkan.

Pentingnya UI

User interface ini merupakan salah satu bagian yang paling penting. Sebenarnya apa sih alasan user interface ini disebut penting untuk suatu produk?

  • Memudahkan Interaksi Pengguna

Alasan pertama Mengapa user interface ini dianggap penting yaitu dapat memudahkan interaksi pengguna dengan suatu produk.

User interface ini merupakan semua elemen visual yang ada dalam suatu produk termasuk tombol desain layar, teks, gambar, serta elemen visual lainnya yang memiliki peranan penting dalam jabatan produk dengan pengguna website.

User interface ini akan sangat penting karena pengguna dapat berinteraksi dengan produk apabila tampilannya mudah dimengerti oleh pengguna. Apabila interaksi antara pengguna dengan produk ini berjalan dengan baik maka kebutuhan serta tujuan dari pengguna ini juga akan terpenuhi.

Tak hanya itu saja pengguna juga akan merasa puas dan meningkatkan loyalitas dari pengguna tersebut itulah alasan kenapa produk yang menggunakan UI ini akan lebih unggul jika dibandingkan dengan produk lain yang lainnya kurang baik.

  • Meningkatkan Kualitas Branding

Alasan kedua yaitu UI membantu dalam meningkatkan kualitas branding. User interface ini juga dapat sebagai ciri khas dari suatu produk. Secara sederhananya kita dapat menyimpulkan bahwa UI ini dapat digunakan sebagai branding produk.

Sebagai contoh yaitu website fesyen teknologi dan kuliner. Persaingan yang semakin ketat ini membuat tiap-tiap perusahaan berlomba-lomba untuk membangun branding mereka sehingga lebih menarik dan juga menyenangkan.

  • Meningkatkan Penjualan dan Pertumbuhan Bisnis

Alasan selanjutnya yaitu untuk meningkatkan penjualan serta pertumbuhan bisnis yang sedang dibangun. User interface ini dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis karena berpengaruh pada kepuasan pengguna.

User interface ini memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun reputasi bisnis dan produk jadi lebih baik. Itulah alasan kenapa user interface ini jadi hal yang paling penting dalam setiap produk untuk turut serta menyukseskan bisnis yang Anda jalankan.

Itulah beberapa informasi terkait dengan user interface pengertian, kegunaan user interface, serta pentingnya user interface yang harus Anda ketahui.

Mau belajar UI & UX ? Gabung Di Kelas Full Stack Sekarang

Kamu berminat untuk mendalami skill UI & UX ? Kini saatnya kamu bisa gabung dikelas Course-Net. Di Kelas Full Stack Developer kami bisa mendalami skill ini Daftarkan dengan cara mengisi form dibawah ini :

Segera daftarkan diri anda di Course-Net, Ikutilah pelatihan yang telah disediakan.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!