Follow
course-net

Share

Perbedaan PHP dan HTML yang Wajib Anda Ketahui

September 8, 2022

Perbedaan PHP dan HTML yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan PHP dan HTML – Apakah Anda pernah belajar HTML dan PHP. Kedua bahasa ini merupakan bahasa yang yang penting untuk dikuasai karena berkaitan dengan web development. Tapi tahukan anda tentang perbedaan PHP dan HTML ?

Nah , Di Artikel ini kami akan coba menjelaskan kepada anda perbedaan dari pemrograman PHP dan HTML. Serta mana yang harus lebih dahulu anda pelajari. Yuk simak artikel yang kami telah buat hanya untuk anda.

Perbedaan PHP dan HTML yang Wajib Anda Ketahui

Apa Itu HTML ?

HTML Merupakan singkatan dari HyperText Markup Language. Sesuai dengan namanya HTML merupakan bahasa markup yang memiliki fungsi untuk membuat kerangka pada suatu website. HTML merupakan bagian dari front end development, Sehingga merupakan bahasa pemrograman yang wajib dipelajari oleh front end developer.

Sebuah website tidak hanya dibuat dengan HTML saja. Untuk membuat website tampilannya lebih menarik , Perlu dipadukan dengan CSS. Selain itu HTML juga sering digunakan bersama dengan JavaScript sehingga membuat website menjadi lebih interaktif.

Dengan adanya perpanduan 3 bahasa diatas, Anda sudah dapat membuat serta merancang suatu website yang menarik. Hanya saja itu belum cukup, Karena kamu membutuhkan dukungan dari bahasa pemrograman PHP.

Apa Itu PHP

Sesuai dengan artikel sebelumnya yang menjelaskan apa itu PHP, Disini kami akan mencoba mengulasnya kembali. PHP atau bisa disebut dengan Hypertext Preprocessor adalah sebuah bahasa pemrograman. Dimana PHP mampu menjalankan sebuah proses sesuai dengan perintah yang diberikan. Proses yang dilakukan bahasa PHP dalam sebuah website bisa berupa perhitungan, Penyimpanan data dan lainnya.

PHP adalah bahasa pemrograman yang terkait dengan server. Oleh karena itu penting untuk memastikan coding PHP yang dilakukan tepat agar tidak mengalami kendala bagi website.

6 Perbedaan PHP dan HTML

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda perbedaan bahsa PHP dan HTML yang perlu anda ketahui.

1. Tipe Bahasa

Perbedaan PHP dan HTML yang pertama adalah pada tipe bahasa yang digunakan. HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat kerangka website. Sementara itu PHP merupakan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat alur pada website dan berbagai aplikasi.

2. Side Processing

HTML adalah bahsa yang digunakan pada client side. Artinya hasil dari coding HTML akan ditampilkan pada browser yang bisa diakses oleh pengguna. Bersama dengan CSS dan Javascript, HTML menjadi bagian dari front end development.

Disisi lain PHP adalah bahasa pemrograman pada server side. Maksudnya PHP terkait dengan bagaimana proses website dijalankan dalam kaitannya dengan server. Tentu saja, Anda mengetahui bagaimana PHP bekerja. Namun, Kendala yang terjadi pada coding PHP yang bisa anda rasakan.

3. Aturan Penulisan

Perbedaan pemrograman PHP dan HTML juga terlihat pada aturan codingnya. Penulisannya pada HTML menggunakan tag dan atribut. Tag yang digunakan di HTML pada  umumnya berpasangan antara open tag dan closing tag misalnya<h2>Judul</h2>

Penulisan HTML dengan atribut misalnya pada pengunaan tautan sebagai berikut :

<a href=”https://course-net.com/blog/php/“>Apa Itu PHP</a>

Sedangkan PHP memiliki aturan penulisan berbeda seperti contoh dibawah ini :

<?php
echo "Belajar PHP";
?>

Penulisan kode PHP selalu diawali dengan <?php dan diakhiri dengan dengan ?>. Namun coding diatas adalah contoh sederhan. Sebab penulisannya yang lebih kompleks.

Baca Juga : Perbedaan PHP dengan Laravel

4. Tipe Kode

HTML merupakan bahasa pemrograman dengan tipe kode statis. Artinya tidak akan berubah kecuali anda melakukan perubahan coding secara manual. Hal ini cukup bisa dipahami mengingat fungsi HTML untuk membuat kerangka yang harus stabil.

Berbeda dengan HTML, Tipe kode pada PHP bersifat dinamis. Jadi perubahan hasil pemrograman bisa saja terjadi tanpa adanya modifikasi coding. Sehingga ini memudahkan belajar coding untuk pemula yang mau mempelajari ini.

5. Kemudahan

Perbedaan PHP dan HTML juga terlihat pada kemudahan dalam mempelajarinya. HTML cenderung lebih mudah dipelajari karena hanya terkait tentang kerangka website. Sementar PHP jauh lebih kompleks bagi pemula. Itu Karena PHP berkaitan dengan pembuatan alur website. Dengan begitu logika dari perintah yang dituliskan harus benar memberikan hasil yang diharapkan.

6. Kebutuhan Server

Sebagai Bahasa Client Side , Anda tentu bisa menjalankan FIle HTML tanpa adanya web server. Cukup dengan bantuan browser, anda sudah mengetahui hasil coding yang dilakukan.

Beda halnya dengan PHP, Untuk memastikan bahwa coding yang dijalankan benar, Anda membutuhkan web server. Dengan begitu anda dapat memeriksa hasil coding pada browser dengan proses yang dijalankan.

PHP vs HTML , Mana Yang Harus Di Pelajari Lebih Dahulu ?

Kedua bahasa diatas penting untuk membangun website yang baik. Jadi anda harus mempelajari keduanya dengan tepat. Jika anda masih awam dalam pembuatan website. Mulailah dengna belajar HTML terlebih dahulu. Selain dasar dasar html yang memudahkan belajar PHP. Kemungkinan membuat kesalahan coding HTML masih bisa diterima. Sedangkan ketika melakukan kesalahan coding PHP, Anda harus membuat logika coding sebaik mungkin.

Mau Belajar PHP & HTML , Yuk Ikut Kursus DI Course-Net

Anda mau belajar PHP dan HTML ? Anda bisa mengikuti kurus full stack developer yang tersedia di Course-Net. Tersedia juga beberapa pembahasan bahasa pemrograman lainnya seperti JavaScript. Jika anda berminat anda bisa mengisi form dibawah ini.

Semoga informasi yang kami jelaskan kepada anda cukup jelas. Dapatkan berita dan informasi lainnya seputar dunia IT hanya di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Share Artikel Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print