course-net
Search
Close this search box.

Kursus Coding Jakarta Tangerang

Minet

January 6, 2023

Kursus Coding Jakarta Tangerang

degraKursus Coding Jakarta Tangerang – Berbicara mengenai coding tentu saja Anda sudah sering mendengarnya akan tetapi belum terlalu memahami sebenarnya apa itu coding atau malah Anda ingin ikut dalam kursus coding? Bagi Anda yang tertarik memahami lebih lanjut perihal coding maka bisa dimak informasinya berikut ini.

Mau Kursus Coding Jakarta ? Course-Net Ahlinya

Definisi Coding

Coding merupakan suatu kegiatan yang erat kaitannya dengan aktivitas menulis ataupun merangkai suatu perintah dan bisa dibaca oleh manusia berdasarkan pada syntax (aturan penulisan) di dalam bahasa pemrograman tertentu.

Bahasa pemrograman tadi akan dikonversikan ke kode-kode yang bisa dimengerti oleh mesin dan perintah tadi akan diterjemahkan ke bahasa mesin memakai kompiler.

Aktivitas coding memiliki tujuan sebagai salah satu bentuk komunikasi oleh manusia pada mesin komputer guna melaksanakan tugas tertentu ataupun memecahkan suatu masalah. Program aplikasi atau website adalah produk yang dihasilkan dari coding.

Apa Fungsi Coding?

Coding memiliki fungsi yang hampir serupa dengan perangkat berbasis teknologi. Hal ini dimulai dari smart TV, ponsel, sistem AC pada mobil, dan lainnya.

Melalui coding tersebut Anda bisa merasakan manfaat dari teknologi dengan lebih nyata. Berbagai macam hal yang awalnya dilakukan dengan manual maka akan lebih efisien jika dikerjakan melalui komputer.

Bahkan coding dapat dipergunakan pada sistem yang lebih rumit seperti AI (artificial intelligence) dan machine learning. Sehingga komputer bisa membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah sehari-hari lebih cepat.

Berbagai Manfaat Kursus Coding Online

Pelatihan SEO : Tips Memilih Kursus SEO yang Baik

Tentunya dengan belajar akan banyak manfaat yang akan diperoleh terutama jika Anda kursus coding. Adapun beberapa manfaatnya sebagai berikut ini.

  1. Memecahkan masalah

Salah satu hal yang menjadi kunci utama di dalam pemrograman yaitu pemecahan masalah. Sebagai seorang programmer, Anda harus bisa menyelesaikan masalah secara cepat ataupun menemukan suatu cara baru guna menjawabnya.

Coding adalah salah satu jalur yang dapat Anda tempuh guna menguasai kemampuan tadi. Tidak hanya menuntut akan tetapi Anda bisa berpikir kreatif dan coding bisa membiasakan Anda berpikir dengan efisien, sistematis, dan terstruktur.

  1. Prospek masa depan

Mempunyai keterampilan coding nyatanya bisa menjanjikan masa depan cerah untuk Anda yang memang tertarik dengan industri IT.

Pertumbuhan pada bidang IT kian mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jadi lapangan pekerjaan untuk programmer menjadi semakin luas pada masa depan.

  1. Remote working 

Perkembangan teknologi yang kian canggih tentunya akan mempermudah komunikasi serta pengetahuan yang Anda miliki. Coding bisa dilakukan dimanapun selama tersedia daya listrik dan akses internet.

Hal tersebut tentunya akan semakin mempermudah pekerjaan karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi.

  1. Menciptakan inovasi baru 

Jika Anda menguasai coding maka kesempatan untuk menciptakan suatu hal yang baru bisa dilakukan. Ketika Anda mempunyai ide sederhana akan tetapi membawa dampak kepada lingkungan maka catatlah hal itu dan realisasikan dengan cara kursus coding online untuk mempermudahnya.

  1. Menghasilkan banyak penghasilan

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh yaitu memperoleh prospek kerja lebih baik pada industri teknologi sehingga Anda bisa memperoleh kebebasan finansial.

Seperti yang Anda ketahui bahwa kebutuhan talenta programmer tentunya sangatlah besar dan orang yang memiliki kemampuan tersebut tergolong minim. Jadi tidak mengherankan ketika banyak perusahaan yang berani dalam menggaji programmer dengan bayaran tinggi pula.

Bahkan tidak jarang banyak programmer mengambil kerja sampingan yang lain seperti pembuatan website dan lainnya sehingga berpeluang menambah penghasilan.

  1. Berbagi dan belajar bersama-sama

Perlu Anda ketahui jika programmer tidak bekerja sendirian karena mempunyai komunitas besar serta jaringan yang open source guna berbagi kode serta belajar bersama. Melalui cara ini tentunya Anda dapat mengasah kemampuan guna mempelajari berbagai hal baru setiap harinya.

Tentunya dengan memperoleh keterampilan melalui kursus coding, Anda memiliki peluang menjadi seorang Mobile Developer, Full-stack Engineer, Back-end Engineer, Front-end Engineer, Software Developer, dan Web Programmer.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

HTML vs HTML5

Ketika Anda belajar kursus coding Jakarta maka akan belajar mengenai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman tadi banyak jenisnya yang memiliki fungsi serta kelebihannya masing-masing.

Untuk Anda yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman sebaiknya mulai dari bahasa paling mudah terlebih dahulu dan ini daftarnya.

  1. HTML

Secara teknis sebenarnya HTML bukanlah bahasa pemrograman. Akan tetapi bahasa tersebut yang umumnya akan pertama kali dipelajari sebelum Anda belajar lebih jauh mengenai pemrograman.

HTML dipergunakan menyusun konten yang nantinya ditampilkan pada website. Untuk cara kerjanya yaitu menyusun bagian di konten pada elemen tertentu.

Sebagai contoh bagian utama untuk konten ditampilkan oleh elemen <body>. Selanjutnya paragraf dengan elemen <p>.

Untuk Anda yang pernah mengutak-atik blog menggunakan WordPress classic editor maka Anda pernah melihat kode tersebut.

  1. CSS

CSS merupakan bahasa yang dipergunakan mengatur tampilan pada website. Pengaturan tadi seperti warna teks serta backgroundnya, tampilan elemen, layout, dan tampilan lainnya.

Intinya CSS akan membantu website supaya terlihat semakin bagus serta mudah dibaca pengunjung. Hal ini juga bisa dipelajari ketika ikut kursus coding.

  1. JavaScript

Bahasa pemrograman ini adalah gabungan HTML dengan CSS. Bahasa ini terkenal akan kemampuannya dalam meningkatkan interaksi user interface pada website.

Seperti pada saat pembuatan efek animasi saat mengklik tombol maupun menebalkan kolom saat pengunjung diharuskan mengisi form tertentu.

Akan tetapi jangan salah karena Javascript juga bisa menjalankan suatu fungsi lebih kompleks seperti mengamankan payment gateway, setting password, menyembunyikan detail pada transaksi pada website, dan lainnya.

Cara Mempelajari Coding

Untuk mempelajari coding tidak selalu di bangku perkuliahan akan tetapi bisa juga dengan kursus coding di rumah secara online. Jika Anda ingin belajar coding terdapat beberapa langkah-langkah yang perlu untuk dipahami.

  1. Pahami konsep dasar coding

Sebelum belajar mengenai bahasa pemrograman sebaiknya Anda perlu memahami lima konsep dasar coding dan beberapa konsep tadi sebagai berikut.

  • Variabel yang berupa memory address, character string, angka, dan nilai yang memungkinkan seorang programmer dalam membuat sebuah program.
  • Control structure merupakan serangkaian blok pemrograman dengan menganalisis variabel serta menentukan bagaimana langkah selanjutnya.
  • Struktur data merupakan suatu format khusus guna menganalisis serta menyimpan data sesuai dengan tujuan tertentu.
  • Syntax merupakan script atau kode yang dipahami komputer dalam mencapai suatu tujuan programmer.
  • Tools merupakan serangkaian dari program komputer yang dibutuhkan di dalam menciptakan, mendukung, memelihara, dan menjalankan debug pada program maupun aplikasi yang lain.
  1. Memilih bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman yang dipelajari ketika kursus coding sangat bergantung kepada tujuan dari coding tersebut. sebaiknya tentukan terlebih dahulu mengenai tujuan coding supaya Anda dapat menentukan bahasa pemrograman dan sumber pembelajaran yang digunakan.

Bahasa pemrograman tadi akan dipergunakan dalam membangun suatu situs tentunya akan berbeda dengan bahasa yang digunakan pada mobile game. Kabar baiknya kebanyakan dari bahasa coding mempunyai konsep dasar yang serupa jadi dapat diterapkan bagi pemula sekalipun.

  1. Pelajari bahasa pemrograman step-by-step

Bagi para pemula ketika akan belajar coding ada baiknya berfokus kepada satu jenis bahasa terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mempelajari bahasa yang lain.

Hal ini tentunya memiliki tujuan supaya Anda tidak bingung maupun mencampurkan berbagai jenis syntax.

Anda dapat mengawalinya dengan belajar bahasa yang sederhana semacam JavaScript, Python, dan HTML/CSS. Perlu untuk dipahami bahwa saat belajar HTML dan CSS sebaiknya dilakukan bersamaan terutama jika Anda bertujuan mengembangkan situs dikarenakan kedua bahasa tadi perlu digunakan bersamaan.

  1. Mempelajari dasar bahasa pemrograman

Belajar mengenai coding dengan bahasa pemrograman tertentu, mau apapun jenisnya, maka dimulai dengan mempelajari dasarnya terlebih dahulu.

Sebagai contoh ketika akan belajar Python maka awali dengan bagian pengenalan serta tutorialnya. Coba uraikan sebuah proyek besar ke dalam langkah-langkah lebih sederhana.

Anda bisa mencoba untuk menghabiskan beberapa hari guna mempelajari satu langkah tertentu sebelum nantinya memulai yang lain. Saat Anda sudah menguasainya maka cobalah hapus kemudian ulangi lagi kembali dari awal.

Jika Anda bertanya waktu terbaik untuk mempelajarinya maka jawabannya adalah sekarang. Tidak ada alasan untuk menundanya dan meraih kesempatan menjadi seorang insinyur perangkat lunak ataupun ilmuwan data untuk memulainya.

Gabung Di Kursus Coding Jakarta Course-Net

Salah satu lembaga pelatihan yang terpercaya di Indonesia adalah Course-Net. Lembaga pelatihan ini memberikan jaminan Anda bisa belajar sampai bisa dan menyediakan garansi berupa re-coaching jika Anda belum memahaminya.

Beberapa program kursus coding yang ditawarkan oleh Course-Net sebagai berikut.

  1. Kursus Web Design / front end

Kursus Web Design adalah pelatihan untuk membuat website di dalam hitungan minggu saja memakai Bootstrap. Nantinya Anda akan mampu dalam merancang website yang responsive, user friendly, mudah digunakan, dan eye catching saat dibuka pada desktop ataupun perangkat mobile.

  1. Kursus Laravel Framework / back end

Merupakan latihan untuk merancang web programming mulai awal sampai jadi memakai PHP Laravel Framework. Nantinya Anda bisa membuat aplikasi web dengan basis client server reliable, scalable, dan secure memakai Laravel. Mau Belajar Laravel ? Yuk Gabung Di Kursus Laravel Sekarang

  1. Kursus Java Spring Framework

Merupakan pelatihan untuk pembuatan sistem web client di dalam hitungan minggu saja memakai Spring Framework. Nantinya Anda akan bisa membuat aplikasi dengan basis Java yang tentunya scalable, secure, and reliable.

  1. Kursus Javascript Full Stack

Pelatihan ini akan mengajarkan bagaimana cara merancang suatu web programming melalui sisi front end dan back end memakai bahasa berupa JavaScript. Nantinya Anda akan bisa membuat aplikasi web dengan basis client server yang tentunya scalable, secure, dan reliable memakai JavaScript.

Itulah beberapa jenis pelatihan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan takut mengikuti pelatihan di Course-Net karena coachnya benar-benar professional bahkan materi yang dipelajari gabungan antara teori dan hal-hal yang ada di lapangan.

Hal lain yang membedakan tempat ini dengan tempat lainnya yaitu bukan hanya menjabarkan informasi terkait konsep dasarnya saja (training). Namun Anda tidak hanya memperoleh training namun juga coaching, mentoring, dan diberikan ilmu yang bersifat best practice real pada dunia pekerjaan.

Sharing knowledge serta experience adalah hal utama yang Anda pelajari selama mengikuti kursus coding di Course-Net. Bahkan Anda juga memiliki kesempatan untuk mempraktekkan langsung apa yang sudah dipelajari berdampingan secara langsung dengan coach.

Memang belajar coding bisa dilakukan secara otodidak akan tetapi lebih maksimal hasilnya jika Anda mengikuti kelas di Course-Net karena akan dibimbing sampai bisa.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!