course-net
Search
Close this search box.

Spyware Adalah: Pengertian, Bahaya dan Contohnya

Minet

January 18, 2023

Spyware Adalah: Pengertian, Bahaya dan Contohnya

MauSpyware Adalah: Pengertian, Bahaya dan Contohnya – Meningkatnya kejahatan digital, merupakan peran serta adanya spyware yang menjadi ancaman paling berbahaya bagi semua pengguna internet. Segera setelah terinstal di perangkat, maka dengan cepat dia bisa melakukan pengawasan pada aktivitas internet pengguna, melakukan pelacakan pada kredensial login serta menjadi mata-mata untuk jenis informasi yang sensitif dan bersifat rahasia.

Spyware Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Adapun tujuan utamanya adalah untuk mencuri data pribadi, memperoleh info nomor kartu kredit, PIN ATM atau kode password hingga informasi perbankan lainnya.

Spyware Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Lalu , Apa Itu Spyware ?

Secara umum, bisa dipahami bahwa spyware merupakan sebuah perangkat lunak yang berbahaya yang dipakai untuk mengambil keuntungan dari semua data dan informasi yang dicuri. Aktivitas ini termasuk ke dalam kegiatan tindak kejahatan karena termasuk bentuk pelanggaran data serta penyalahgunaan data pribadi yang bersifat sensitif sehingga dalam cara kerjanya, sangat memberikan pengaruh pada kinerja jaringan serta perangkat gadget yang digunakan yang kemudian memberikan dampak langsung pada kegiatan perangkat lunak yang terinstal di dalam komputer Anda.

Menurut Cisco, apa itu spyware juga mengacu pada semua perangkat lunak yang menjadi pengganggu yang mana didesain serta dikembangkan oleh penjahat yang beroperasi di dunia digital dengan tujuan untuk melakukan pencurian data serta merusak sistem komputer sehingga data yang ada di dalamnya tak bisa digunakan lagi. Nama lainnya adalah malware, yang menjadi program atau kode yang bersifat membahayakan untuk kelangsungan sistem komputer Anda.

Sedangkan menurut Kaspersky, pengertian dari spayeware adalah perangkat lunak yang memiliki sifat berbahaya yang didesain untuk bisa masuk ke perangkat komputer, dengan tujuan mengumpulkan data pribadi kemudian meneruskannya ke akun penjahat digital untuk diambil keuntungannya oleh mereka. Tak ada bentuk aktivitas memata-matai yang dibenarkan secara hukum, baik itu untuk tujuan yang legal maupun untuk tujuan penipuan.

Karena aktivitas memata-matai merupakan sebuah aktivitas yang merupakan pelanggaran pada privasi pengguna serta terjadi penyalahgunaan data pengguna. Sementara itu, semua pengguna perangkat gadget atau pengguna akses internet sangat membutuhkan adanya privasi serta jaminan perlindungan pada data yang mereka miliki.

Cara Kerja Spyware Adalah

Cara Kerja Spyware Adalah

Bagaimana cara kerja yang dimiliki oleh spyware? Ternyata software pengganggu ini mempunyai cara kerja yang terbilang unik karena ada kasus dimana perangkat lunak pengganggu ini terinstal di perangkat gadget korban dengan bantuan dari korban itu sendiri.

Para pelaku kejahatan digital ini memanfaatkan ketidaktahuan pengguna untuk melancarkan aksi mereka sehingga berhasil mudah untuk dilakukan. Seperti misalnya, pastinya Anda banyak melihat pesan pop up ketika sedang melakukan penelusuran di internet. Bahwa pesan tersebut umumnya berisi himbauan bahwa sistem telah mendeteksi adanya virus yang berupaya untuk masuk ke dalam perangkat dan memberikan peringatan pada pengguna. Anda diperintahkan untuk melakukan download antivirus untuk mencegah virus masuk dan melakukan pencurian data di perangkat gadget Anda.

Kebanyakan pengguna internet akan merasa panik dan khawatir ketika melihat peringatan tersebut, sehingga secara otomatis langsung mengikuti instruksi yang ada untuk mengunduh antivirus via link yang diberikan mereka. Dan ternyata di balik link tersebut itulah, awal mula bekerjanya bahaya spayware dalam perangkat gadget yang Anda gunakan.

Kenali Contoh dan Ciri Perangkat Terkena Spyware

Kenali Contoh dan Ciri Perangkat Terkena Spyware

Umumnya, perangkat lunak pengganggu ini mempunyai dampak yang berbeda sesuai dengan tujuan dari pembuatnya. Berikut beberapa contoh spyware dari kegiatan kejahatan digital yang banyak terjadi di kalangan pengguna perangkat gadget.

Keyloggers

Perangkat yang dibuat untuk merekam dan mengawasi kegiatan penggunaan komputer. Ada beberapa hal yang dilakukan diantaranya aktivitas email, catatan komunikasi, riwayat pencarian atau penelusuran lainnya.

Jenis spyware ini memiliki keunggulan yaitu bisa mengumpulkan dokumen yang sudah dicetak dalam dengan printer, dan terhubung dengan sistem komputer yang sudah terinfeksi oleh perangkat lunak pengganggu.

Password Stealers

Perangkat lunak pengganggu yang satu ini memiliki cara kerja untuk mendeteksi dan mengumpulkan kata sandi atau kode password dari komputer yang sudah terinfeksi Malware. Adapun jenis kata sandi yang bisa dikumpulkan meliputi kredensial yang disimpan di website browser, kredensial untuk bisa login ke dalam sistem dan berbagai kredensial lainnya.

Banking Trojans

Software pengganggu ini mempunyai cara kerja dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan pada browser untuk mendapatkan kredensial dari lembaga keuangan. Sistem yang terinfeksi Spyware, akan melakukan transaksi hingga menyisipkan transaksi tambahan dengan tujuan untuk menyerang data pengguna.

Malware ini bisa menginfeksi beragam lembaga keuangan seperti dompet digital, platform keuangan online, bank, pialang dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah ciri dari perangkat yang terserang oleh spyware. Yuk berhati hati dengan gadget yang anda gunakan.

  • Ada banyak pesan pop up atau iklan yang muncul sehingga mengganggu pengalaman browsing di dunia maya yang sedang dilakukan
  • Device menjadi lebih lambat saat digunakan dalam bekerja
  • Di dalam perangkat ada sejumlah aplikasi yang terinstal bahkan tanpa Anda ketahui
  • Pengaturan yang ada di dalam browser yang Anda gunakan maupun browser bawaan berubah tanpa dirubah oleh Anda

Lalu apa saja dampak yang bisa diperoleh ketika perangkat Anda terinfeksi oleh malware ini? Adapun dampak yang bisa didapatkan ketika secara tak sengaja aplikasi malware terinstal di perangkat gadget adalah sebagai berikut:

  • Munculnya pesan iklan ketika browsing

Biasanya ada banyak pesan pop up yang muncul ketika Anda membuka sebuah laman website. Hacker akan memanfaatkan keadaan saat internet loading. Sehingga anda akan mengklik tombol berbahaya.

  • Melakukan perusakan pada sistem komputer

Software pengganggu ini juga bisa merusak sistem komputer yang sudah terinfeksi. Diantaranya adalah dengan melakukan pengubahan data pada sistem perangkat, menghapus data tersebut dan memaksa pengguna untuk menon-aktifkannya.

  • Merujuk pada laman website lainnya

Perangkat anda akan mudah mengakeses link yang dituju. Tentunya akan sangat menyita waktu dan tenaga, khususnya jika Anda sedang memiliki keterbatasan waktu dalam hal tersebut.

  • Pencurian identitas

Terjadinya pencurian identitas yang akan terjadi, Ini adalah sesuatu yang berbahaya yang akan terjadi pada diri anda.

  • Perangkat gadget yang lambat dan lebih boros tenaga baterai

Gadget yang digunakan akan menjadi lebih boros dalam pemakaian. Sehingga ini menjadi salah satu dampak yang akan terjadi.

Mau Belajar Cyber Security ?

Kini kamu bisa mengikuti kursus cyber security yang tersedia di Course-Net, Dan bisa memanfaatkan juga pelatihan prakerja yang bisa anda gunakan. Daftarkan diri anda sekarang juga dengan promo yang tersedia di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!