course-net
Search
Close this search box.

Home >

ICT Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contoh Penerapannya

Thursday, 25 January 2024 1:41 PM

ict adalah

Menurut sejarah ICT mulai dikenal sejak pertengahan abad ke-20, yang terus mengalami perkembangan pesat dalam berbagai bidang kehidupan. ICT adalah sebuah konsep tentang beragam perkembangan atau inovasi yang terjadi dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi. Istilah ICT lebih dikenal dengan istilah TIK yang menerapkan teknologi pada cara berkomunikasi, pengelolaan serta proses pendistribusian informasi dengan media digital.

Pengertian dan Manfaat ICT

ICT adalah sebuah payung besar terminology yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Saat ini ICT sudah mengalami perkembangan yang pesat sehingga banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan seperti bidang bisnis, industry hingga dunia pendidikan. Sederhananya, keberadaan teknologi memiliki tujuan untuk memudahkan semua kebutuhan manusia seperti untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan mudah, cepat dan dalam waktu singkat.

ICT adalah singkatan dari Information and Communication of Technology. Di dalam pengembangan ICT adalah berfokus pada ruang lingkup teknologi dan informasi dengan menggunakan media seperti komputer, telepon, radio, internet dan lain sebagainya. Inovasi ICT pun semakin beragam sebut saja seperti Artificial Intelligence, cloud computing, Internet of Things (IoT), big data dan lainnya sudah menjadi solusi bidang komunikasi tanpa batas.

Menilik kepanjangan ICT adalah Information and Communication, maka bisa dipahami terdapat dua aspek penting di dalamnya yaitu:

  • Aspek teknologi informasi, yang berhubungan dengan penggunaan alat, proses, pengelolaan informasi dan data
  • Aspek teknologi komunikasi, yang berhubungan dengan penggunaan media teknologi untuk memproses dan mengirimkan data antar perangkat yang digunakan

Pemanfaatan ICT adalah tidak hanya terbatas pada bidang bisnis dan industry saja, namun juga dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi menyebabkan adanya berbagai macam pembelajaran berbasis ICT. Pembelajaran ICT merupakan model pembelajaran yang memungkinkan proses pembelajaran secara online dengan menggunakan platform pendidikan digital seperti e-learning.

Model pembelajaran ICT adalah di mana semua peserta didik bisa mengakses materi pembelajaran, ikut kursus, berinteraksi dengan mentor dan teman sekelas dan menyelesaikan tugasnya secara online dari mana saja dan kapan saja. Fungsi ICT adalah bukan hanya untuk membantu pekerjaan manusia, namun juga untuk membantu memudahkan semua kegiatan yang dilakukan manusia. Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh ICT yaitu:

1. Wadah penyimpanan data

Sebuah sistem informasi yang bermanfaat untuk menjadi wadah pengumpulan dan penyimpanan data. Di mana semua data dan informasi yang dibutuhkan bisa diambil dengan menggunakan bantuan software dan hardware. Setelah itu, media berbasis ICT akan mengolah dan menyimpan data tersebut secara efisien. 

2. Media pengolahan data

Manfaat yang kedua dari ICT adalah menjadi media yang digunakan untuk memproses dan menganalisis data dengan cepat serta akurat. Dengan bantuan algoritma dan hardware khusus, maka Anda bisa memproses data dengan melakukan identifikasi tren, mengenali pola dan wawasan yang tercantum dalam data. 

3. Media komunikasi

Sistem ICT akan membantu Anda untuk bisa berkomunikasi dan bekerja sama dengan berbagai kalangan dengan lebih efektif serta efisien. Contohnya dengan menggunakan media sosial, pesan instan, surat elektronik, telepon hingga jenis platform digital lainnya. Keberadaan ICT akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain kapan saja di berbagai belahan dunia secara real time. 

4. Membantu tingkatkan efisiensi

ICT juga sangat memberikan bantuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi untuk diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Seperti untuk memaksimalkan inventaris, mengotomatisasi proses bisnis hingga meningkatkan produktivitas karyawan. 

5. Memudahkan akses informasi

Dengan adanya ICT maka Anda bisa lebih mudah dan cepat untuk mengakses informasi yang berasal dari berbagai sumber. Seperti dengan penggunaan internet yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi, membaca berita terbaru, menjelajah dunia dan lainnya sesuai kebutuhan. 

Istilah Baru Seputar ICT dan Media Berbasis ICT

Ada banyak sekali istilah baru yang dikenal dalam konsep ICT yang disesuaikan dengan ranah penerapannya. Seperti beberapa istilah baru terkait perkembangan ICT terkait model pembelajaran adalah sebagai berikut:

  • Webschool

Adalah sebuah aplikasi yang bisa diunduh dan diinstal di perangkat lunak telepon seluler yang digunakan untuk mengakses informasi dari sekolah tertentu. Siswa, mentor dan semua pihak yang berkepentingan bisa mengikuti perkembangan jadwal pelajaran, daftar kelas dan pekerjaan rumah yang ada. Umumnya website jenis ini akan mendapatkan update secara berkala yang dilakukan oleh admin sekolah. 

  • E-Learning

Merupakan singkatan dari electronic learning atau yang diartikan sebagai pembelajaran elektronik. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet untuk menyampaikan dan melancarkan proses pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh. Untuk saat ini lebih banyak dikenal dengan layanan kursus online yang menggunakan media pembelajaran online dalam proses belajarnya. 

  • Distance Learning

Sebuah model pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan internet. Distance learning banyak digunakan pada lembaga pendidikan atau sekolah yang memungkinkan mentor dan siswa tidak mengadakan tatap muka secara langsung. 

Salah satu perkembangan ICT di bidang administrasi publik yang sangat signifikan adalah E-Government. Di mana penerapan sistem pelayanan publik berbasis ICT akan membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam hal berbagi data atau informasi baik di dalam maupun antar pemerintahan. Sistem berbasis ICT bisa diterapkan pada proses pelayanan public, tata laksana pengarsipan, komunikasi perkantoran dan lain sebagainya. 

4 Jenis Media ICT

Menurut buku yang ditulis oleh Nanda Septiana, M.Pd, ICT Dalam Pembelajaran disebutkan ada 4 jenis media ICT adalah:

  • Teknologi Komputer 

Media ini juga banyak disebut dengan CAI atau Computer Assisted Instructional yang memanfaatkan komputer sebagai medianya. Dalam prosesnya, seluruh kegiatan akan menggunakan semua kemampuan yang dimiliki komputer dari mulai teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi. 

  • Teknologi Multimedia

Pemanfaatan media ini banyak digunakan untuk menghasilkan sebuah karya dalam bentuk audio dan video. Jenis media ini meliputi kamera video, pemutar suara, pemutar video, kamera digital dan lainnya. 

  • Teknologi Komunikasi

Ada banyak jenis teknologi komunikasi yang baru, diantaranya adalah media sosial. Teknologi komunikasi ikut mempunyai peran untuk menjadi media pembelajaran yang efektif dan interaktif untuk mentor serta siswa. 

  • Teknologi Jaringan Komputer

Media berbasis ICT yang berikutnya adalah perkembangan teknologi yang terdiri dari perangkat keras dan lunak. Contohnya perangkat keras seperti internet, WiFi, LAN dan lain sebagainya. Sedangkan untuk contoh perangkat lunak meliputi email, Java, HTML, PHP, web dan lainnya. 

ICT adalah teknologi informasi yang diterapkan di berbagai bidang kehidupan dan jenis media berbasis ICT yang ada di sekitar kita. Jika Anda berminat untuk mempelajari seputar ICT dan penerapannya, bisa mengikuti kursus IT seperti Digital Marketing, Website hingga Cyber Security di CourseNet. Ada banyak materi terstruktur yang bisa Anda pelajari dengan bimbingan Coach profesional dan berpengalaman. Upgrade keahlian Anda bersama CourseNet untuk bersaing di dunia kerja yang lebih ketat seperti saat ini.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!