course-net
Search
Close this search box.

Node Js adalah : Pengertian , Fungsi & Panduan Lengkapnya

Minet

February 16, 2023

Node Js Adalah ? Panduan Lengkap & Cara Installnya

Node Js adalah : Pengertian , Fungsi & Panduan Lengkapnya – Mungkin Anda cukup familiar dengan istilah node js, karena berkaitan dengan bahasa pemrograman. Secara umum, perangkat lunak satu ini adalah pengembangan dari Javascript yang merupakan bahasa pemrograman yang hanya bisa berjalan di sisi browser maupun client. Javascript dulunya termasuk bahasa pemrograman untuk front-end dimana tempat satu-satunya yang bisa mengeksekusi pada kode Javascript.

Agar bisa mengembangkan back end, maka developer harus memakai bahasa pemrograman yang berbeda. Nah, dari situlah yang mendorong sejumlah developer mengembangkan Javascript jadi bahasa pemrograman dengan berjalan pada sisi server. Pada akhirnya Ryan Dahl menciptakan perangkat lunak ini.

Node Js Adalah ? Panduan Lengkap & Cara Installnya

Apa yang Dimaksud Node Js?

Node Js Adalah ? Panduan Lengkap & Cara Installnya

Node js adalah perangkat lunak yang didesain agar dapat mengembangkan aplikasi berbasis web serta ditulis pada sintaks bahasa pemrograman Javasript. Dengan perangkat lunak satu ini, bisa menjalankan kode pada Javascript dimana saja dan tidak terbatas di lingkungan browser saja.

Perangkat lunak ini juga termasuk software open-source yang dapat digunakan dalam membangun aplikasi jaringan hingga aplikasi server-side secara real-time dan juga dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Ini dibangun memakai engine Javascript V8 yang dimiliki oleh Google jadi mempunyai performa yang cukup tinggi. Perangkat lunak ini juga mempunyai library sendiri sehingga pengguna tidak usah memakai webserver NGINX ataupun Apache.

Selain itu, perangkat lunak ini juga memiliki model event-driven dan juga non-blocking I/O nya, jadi bisa menangani proses bersamaan dibandingkan dengan platform yang sifatnya thread-based networking.

Anda dapat memilih node js framework yang bisa digunakan dan tersedia saat ini. Khususnya adalah untuk pembuatan sebuah webserver yang bisa memakai perangkat lunak mysql node js.

Fungsi Utama dari Node Js

Node js merupakan salah satu solusi yang tepat dalam melakukan tugas dengan pengguna data yang intens maupun analitik waktu secara nyata sebab mempunyai arsitektur asinkron dan juga fitur I/O non-blocking. Nah, setelah Anda memahami apa itu node js, simak juga fungsi utama yang dipakai dari perangkat lunak ini untuk tugas-tugas, seperti:

  1. Data Streaming

Perangkat lunak ini mempunyai modul bawaan dengan mendukung streaming data. Hal ini akan memungkinkan pembuatan stream yang dapat dibaca dan ditulis. Perangkat lunak ini bisa membantu mengantrekan data serta mendistribusikan secara asinkron tanpa adanya gangguan atau hambatan.

Jadi, node perangkat lunak yang satu ini jadi pilihan yang bagus sebagai fitur streaming yang dapat memproses file di saat dengan diupload. Anda harus coba download node js dalam pembuatan stream.

  1. Chatting secara Real-time

Perangkat lunak ini menangani tugas I/O yang efektif sehingga dapat dipakai untuk program yang memakai data yang secara intensif dan seperti contohnya adalah aplikasi chat. Perangkat lunak ini memakai teknologi push via web socket sehingga memungkinkan komunikasi secara dua arah, yaitu antara server dengan client.

Jadi, hasilnya server tidak harus mengelola thread secara satu persatu lagi untuk setiap koneksi yang terbuka karena arsitektur asinkron single-threated dari perangkat lunak ini.

  1. Proxy Sisi Server

Node js juga dapat mengelola banyak koneksi secara bersamaan memakai metode non-blocking. Perangkat lunak ini dapat dipakai sebagai proxy server-side secara efektif dan mengumpulkan data dari sejumlah resource pihak ke-3.

Kadangkala, perangkat lunak ini juga dipakai untuk pembuatan aplikasi client-side dalam mengelola aset dan juga permintaan API Proxy.

  1. Rest API

Perangkat lunak ini mempunyai beberapa package, seperti Koa.js dan Express.js yang dapat dipakai dalam membuat aplikasi. Semuanya dapat mempercepat proses integrasi API dan juga jadi dasar REST API ringan serta cepat.

  1. Dashboard untuk Memantau Sistem

Node js memiliki fitur event loop yang bisa digunakan untuk membuat dashboard yang berbasis web dalam mengecek status sejumlah layanan dengan secara asinkron. Status layanan dan juga publik dapat dilaporkan langsung.

  1. Single Page Application atau SPA

Semua SPA dimuat ke dalam satu halaman untuk memberi pengalaman yang sama dengan desktop. Perangkat lunak ini dapat menangani asinkron secara efisien pada operasi I/O yang cukup berat, jadi memungkinkan untuk update data dengan lancar untuk SPA tanpa perlu merefresh halaman yang secara rutin.

Itulah dia penjelasan mengenai fungsi atau tugas-tugas dari node js yang harus Anda pahami dengan baik.

Panduan Instal Node Js

Panduan atau cara install node js, khususnya melalui Windows dengan mudah adalah:

  1. Download Installer dari Website Resmi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk instal perangkat lunak ini adalah bisa mengunjungi website resminya. Anda harus download installer langsung dari website resmi supaya lebih aman.

  1. Klik 2 kali pada File yang Tersedia

Setelah Anda memasuki halaman utama website resminya, kemudian klik 2 kali pada file download yang tersedia. otomatis membuka jendela baru dan Anda pilih Next untuk ke langkah selanjutnya.

  1. Bacalah EULA Program

Bacalah EULA program dan juga centang I accept the terms in the License Agreement terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda pilih Next lagi.

  1. Memilih Folder Tujuan

Anda harus memilih folder tujuan dan akan muncul Destination Folder di jendela baru. Anda tinggal memilih folder untuk download perangkat lunak tersebut pada perangkat yang digunakan dan pilih Next.

  1. Memilih Fitur yang Ingin di Instal

Pilih fitur yang ingin Anda install dan jika Anda tidak yakin bisa memilih default saja dan pilih Next lagi.

  1. Centang Automatically Install the Necessary Tools

Di halaman selanjutnya, Anda centang Automatically Instal the Necessary Tools dan klik Next, kemudian Install. Akan muncul prompt dengan pertanyaan dan Anda pilih Yes apabila bersedia.

Setelah proses instal default selesai, Command Prompt terbuka dan menampilkan pengaturan tambahan. Anda bisa klik 2 kali di tombol apa saja untuk melanjutkan.

  1. Tekan Enter untuk Menutup Jendela

Apabila proses sudah selesai, maka Command Prompt meminta Anda tekan Enter dan akan menutup jendela.

  1. Buka Command Prompt

Untuk melakukan verifikasi, Anda bisa membuka Command Prompt dan kemudian jalankan Command node -v dan npm -v.

Nah, seperti itulah cara node js download melalui Windows yang bisa dipelajari dan dicoba.

Fitur-fitur dari Node Js

Fitur-fitur dari Node Js

Sejumlah fitur-fitur penting dari node js adalah:

  1. Asynchronous & Event-driven

Salah satu fitur yang dimiliki secara khusus oleh perangkat lunak ini adalah Asynchronous maupun non-blocking dimana hal ini tidak bisa memblokir proses lainnya saat menunggu satu proses diselesaikan.

Perangkat lunak ini juga berjalan memakai basis event yang merupakan paradigma pemrograman yang mana aliran program ditentukan pada output maupun tindakan pengguna hingga pesan dari program yang lain.

  1. Single-threaded

Ada banyak bahasa pemrograman yang memakai multi-thread, namun perangkat lunak ini memakai single-thread yang dinilai dapat menangani sejumlah permintaan dengan bersamaan dan tidak perlu menunggu task yang sebelumnya selesai.

  1. Super Cepat

Eksekusi pada perangkat lunak ini sangatlah cepat sebab memakai engine Javascript yang bernama V8 dari Google.

Nah, itu dia penjelasan mengenai node js dan bagi Anda yang ingin belajar bahasa pemrograman bisa coba di Course-Net. Rasakan pengalaman belajar yang dibimbing langsung oleh tutor kelas dunia!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!