course-net
Search
Close this search box.

Market Share Adalah: Arti, Jenis, Cara Perhitungan & Tipsnya

Minet

November 1, 2022

Market Share Adalah: Arti, Jenis, Cara Perhitungan & Tipsnya

Market Share Adalah: Arti, Jenis, Cara Perhitungan & Tipsnya – Hampir seluruh perusahaan tentu saja memiliki impian untuk bisa menjadi penguasa pangsa pasar atau market share. Pangsa pasar merupakan persentase dari total penjualan di dalam industri yang dihasilkan perusahaan tertentu.

Pemahaman akan pangsa pasar tentu saja akan sangat berguna ketika akan menentukan posisi perusahaan. Informasi yang perlu diketahui mulai dari fungsi, jenis, cara perhitungan, dan lainnya.

Pengertian Pangsa Pasar

Market Share Adalah: Arti, Jenis, Cara Perhitungan & Tipsnya

Dalam dunia bisnis kalian akan mengenal yang namanya pasar persaingan sempurna serta tidak sempurna. Pasar persaingan sempurna dimana perusahaan akan bersaing satu dengan lainnya untuk bisa menjadi penguasa.

Dalam suatu pasar jika semakin banyak perusahaan yang terlibat maka perebutan kekuasaan nya menjadi lebih sengit. Bila ada perusahaan yang menguasai 40% dari pasar, maka sisanya akan terbagi ke berbagai perusahaan kompetitor lainnya dan pembagian tadi dikenal dengan market share.

Jadi dalam dunia usaha market share adalah suatu perbandingan nominal pendapatan dari perusahaan pribadi serta kompetitor dalam sebuah industri. Di dunia bisnis, pemahaman mengenai market share sendiri adalah perbandingan dari nominal pendapatan perusahaan pribadi dengan kompetitor dalam satu industri.

Sebagai contoh perusahaan A, B, dan C sama-sama menjual kaos di kota E dan tidak ada pesaing lainnya. Total penjualan tahun 2021 di kota E yakni 150 ribu potong. Perusahaan A menjual 80 ribu, perusahaan B menjual 50 ribu, dan C menjual 20 ribu jadi pangsa pasar dikuasai perusahaan A.

Fungsi Pangsa Pasar

Fungsi Pangsa Pasar

Setelah melihat ilustrasi diatas tentunya kalian sudah mulai paham mengenai apa itu market share. Jadi dengan kata lain market share atau pangsa pasar ini merupakan formula yang bisa menunjukkan keterpurukan dan kejayaan perusahaan. Adapun fungsi dari pangsa pasar sebagai berikut.

  1. Tolak ukur keberhasilan usaha

Pangsa pasar merupakan salah satu tolak ukur yang paling sederhana guna mengukur keberhasilan perusahaan. Tentunya siapa perusahaan yang berhasil dalam menguasai pasar dengan lebih luas maka akan lebih baik dibandingkan kompetitornya.

  1. Membandingkan ukuran diantara perusahaan

Ketika perusahaan kalian berhasil memperoleh market share terbesar, maka untuk revenue kalian akan menjadi lebih tinggi. Ketika ingin melakukan listing ke dalam bursa efek tentunya perusahaan kalian menjadi lebih menarik bagi para investor karena berhasil menjadi terbesar dalam industri.

Sebaliknya ketika perusahaan kalian tidak berhasil masuk dalam urutan tiga besar maka kecil kemungkinan para investor untuk melirik perusahaan kalian.

  1. Bahan evaluasi

Fungsi market share yang berikut ini bisa dipergunakan untuk alat perbandingan dengan kompetitor. Sebagai contohnya begini ketika kompetitor dan kalian sama-sama mempunyai target pasar serta konsumen yang sama lantas perusahaan kompetitor bisa lebih laku.

Tentunya kalian akan melakukan analisis kenapa produk kompetitor lebih unggul dan apa kelebihannya. hal itu menjadi bahan evaluasi mengenai apa saja yang harus diperbaiki guna mengejar ketertinggalan.

Berbagai Jenis Market Share

Setelah mengetahui perihal pengertian dan fungsi dari pangsa pasar maka informasi lainnya terkait dengan jenis-jenisnya sebagai berikut.

  1. Common

Jenis ini merupakan pangsa pasar pada umumnya yang mana seluruh usaha di dalam satu industri akan bersaing satu dengan lainnya. Tentunya ketika ingin menjadi pemenang dalam jenis pangsa pasar ini kalian diharuskan melakukan pengaturan strategi penjualan yang baik supaya bisa melakukan dominasi pada perusahaan lainnya.

  1. Preferred

Jenis pangsa pasar ini diperoleh perusahaan dikarenakan akuisisi pasar atau merger. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contohnya.

Perusahaan A memenangkan 7,5% pasar dan perusahaan B menguasai 15% pasar. Kemudian hari perusahaan B melakukan akuisisi ke perusahaan A jadi nantinya akan diperoleh tambahan pangsa pasar menjadi 22,5%.

  1. Mutual fund share

Jenis ini merupakan pembagian pangsa pasar yang didasarkan pada saham yang dipunyai investor. Sebagai contoh kalian mempunyai 5% saham di 10 perusahaan transportasi online dan 10 perusahaan online tadi menguasai pangsa pasar industri sebanyak 80%. Jadi mutual fund share yaitu 4% pada industri transportasi online.

Baca Juga : Media Promosi Digital Marketing Paling Efektif

Bagaimana Cara Menghitung Market Share

Untuk melakukan perhitungan tentu saja diperlukan sebuah rumus dan adapun rumusnya sebagai berikut ini.

Pangsa Pasar = (pendapatan perusahaan: pendapatan total industri) x 100%

Sebagai contohnya begini saat perusahaan memperoleh pendapatan sekitar 37.500.000 di tahun 2021 dan total pendapatan industri pada waktu yang sama yaitu Rp355.000.000. jadi cara perhitungan pangsa pasarnya sebagai berikut.

Pangsa Pasar = (Rp37.500.000: Rp355.000.000) x 100% = 10,56%

Jadi bila dilakukan perhitungan melalui rumus diatas maka bisa diketahui jika perusahaan kalian sudah berhasil menguasai sekitar 10,56% dari pangsa industri.

Tips Menaikkan Pangsa Pasar Perusahaan

Tentunya untuk kalian yang sedang berjuang dalam menaikkan market share tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

  1. Bidik kompetitor yang mempunyai pangsa pasar terbesar

Tips pertama yaitu melihat kompetitor atau saingan terbesar kalian. jadikan perusahaan tadi sebagai rival terbesar yang harus kalian menyenangkan entah bagaimana caranya. Walaupun terkadang sulit dan terlihat mustahil namun ini bisa dijadikan sebagai motivasi agar dapat bekerja dengan lebih giat dalam mengembangkan perusahaan.

  1. Gunakan strategi ATM

Dalam usaha kalian akan mengenal istilah market leader dan market follower. Ketika kalian belum berhasil dalam menjadi pemimpin maka tidak masalah ketika menjadi pengikut terlebih dahulu. Ketika berperan menjadi pengikut kalian bisa mengamati bagaimana operasi dari pemimpin pasar.

Pengamatan tersebut seperti sistem yang digunakan dan strategi pemasarannya. Jika sudah maka kalian lakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Tentunya kalian bisa menjadikannya teladan sebelum nantinya dikalahkan.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

  1. Buat gebrakan inovasi industri

Tidak hanya menerapkan strategi ATM akan tetapi jangan lupa membuat inovasi dalam industri. Buatlah suatu gebrakan yang belum dilakukan siapa pun termasuk dengan kompetitor terbesar kalian.

Lakukanlah sebuah riset konsumen dengan mendalam serta pahami apa yang dibutuhkan konsumen. Selanjutnya olah apa yang menjadi kebutuhan konsumen ke dalam satu produk baru.

  1. Terapkan strategi harga

Untuk kalian yang belum dapat melakukan inovasi maka strategi harga dapat diterapkan supaya pangsa pasar perusahaan meningkat. Gali lebih jauh mengenai pengeluaran usaha dan cari tahu mengenai mana bagian yang efisien.

Ketika perhitungan telah usia dilakukan maka tekan harga produk agar bisa lebih murah dibandingkan dengan kompetitor di pasaran.

  1. Variasi produk

Perusahaan melakukan produksi berbagai macam produk dengan jenis yang sama namun barangnya berbeda dan selanjutnya memasarkannya kepada target konsumen. Biasanya konsumen yang tidak memahaminya akan beranggapan jika produk tadi berasal dari brand perusahaan berbeda.

  1. Bangun konsumen loyal

Perlakukan konsumen dengan sebaik mungkin supaya nantinya konsumen dapat bertahan memakai produk kalian dan merekomendasikannya pada orang lain. Tentu semakin banyak rekomendasinya akan semakin besar pula potensi untuk menguasai market share.

Jadi itulah informasi yang bisa kalian ketahui soal pengertian pangsa pasar, fungsi, cara perhitungan, dan tips meningkatkannya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print