Apa Itu Cyber Security: Pengertian, Konsep dan Jenisnya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Apa Itu Cyber Security: Pengertian, Konsep dan Jenisnya – Cyber security merupakan salah satu hal yang sangat penting saat ini lho, terlebih karena teknologi internet yang sudah semakin berkembang. Dunia digital berkembang sangat pesat, sehingga keamanan dalam jaringan dunia digital itu menjadi salah satu perhatian penting. Mulai dari hal sederhana seperti data pribadi sampai dengan uang yang mungkin disimpan pun sangat membutuhkan keamanan yang mumpuni.

Mungkin orang tidak banyak yang memahami dengan baik mengenai keamanan Cyber ini meskipun menjadi salah satu kebutuhan yang penting. Kalian yang ingin masuk ke dunia digital perlu tahu konsep dari apa itu Cyber Security sebenarnya seperti apa dan bagaimana. Kali ini kami akan coba jelaskan mulai dari pengertian sampai dengan konsep dan juga jenisnya yang ada di Indonesia.

Apa itu Cyber Security Indonesia ?

Pengertian Cyber Security

Apa Itu Cyber Security: Pengertian, Konsep dan Jenisnya

Pertama-tama mari kita kenali terlebih dahulu mengenai pengertian dari pengamanan Cyber itu sebenarnya apa dan bagaimana. Cyber security adalah aktivitas yang dilakukan oleh sistem atau oleh seseorang untuk melindungi komputer dari serangan. Aktivitas pengamanan dari komputer ini memiliki tujuan agar supaya bisa melindungi aset dan juga informasi dari organisasi, perusahaan atau instansi.

Perlindungan dalam sebuah pengamanan Cyber ini sebenarnya bisa dalam bentuk perangkat lunak atau software, bisa dalam bentuk aplikasi juga. Dengan adanya keamanan Cyber ini akan bisa menanggulangi ancaman yang sangat mungkin ada pada sebuah sistem komputer. Dilihat dari pengertiannya, sebenarnya hampir semua organisasi, instansi, dan juga perusahaan itu sangat membutuhkan Cyber Security ini.

Konsep Dari Apa itu Cyber Security

Untuk bisa memahami soal keamanan Cyber ini dengan lebih baik, maka kalian itu harus memahami dulu konsep dari keamanan Cyber ini. Ada 3 konsep yang utama dari sebuah keamanan Cyber yang

memang harus kalian pahami untuk memahami konsep dari keamanan Cyber ini. Berikut ini kami akan coba jelaskan ketiga konsep utama yang ada pada keamanan Cyber tersebut apa saja.

  1. Kerahasiaan

Konsep yang paling pertama itu adalah kerahasiaan dari beberapa dokumen dan juga data yang ada pada perusahaan. Biasanya dari konsep kerahasiaan ini akan memberikan batasan akses ke data perusahaan hanya untuk beberapa orang tertentu saja. Hal ini menjadi salah satu metode dalam keamanan Cyber yang bisa melindungi supaya tidak terjadi kebocoran data di masa depan.

Ada satu hal yang cukup penting berhubungan dengan konsep kerahasiaan, yakni adalah two Factor Authentication. Jadi saat ingin akses akun yang bisa mengakses data perusahaan itu ada 2 langkah yakni pertama itu adalah password. Setelah itu ada tahap kedua yakni dengan mempergunakan kode khusus yang akan dikirim melalui device tertentu.

Jadi dengan Two Factor Authentication itu akan membuat kerahasiaan data dari perusahaan pun akan benar-benar terjamin. Ini adalah konsep dasar dari sebuah Cyber Security.

  1. Integritas

Konsep yang kedua itu adalah integritas yang berarti menyampaikan informasi yang benar, tepat, dan juga akurat kepada publik. Jadi konsepnya adalah hanya menyampaikan data yang memang benar-benar tepat saja, sementara yang lain harus tersimpan dengan baik. Informasi perusahaan, instansi, atau organisasi perlu dijaga supaya tidak sampai bocor ke pihak-pihak yang mungkin tidak berkepentingan.

Konsep dari integritas untuk menghindari kebocoran itu sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa hal. Pertama bisa mempergunakan Enkripsi, lalu bisa juga menggunakan tanda tangan digital, dan bisa juga memakai Certificate authority atau CA.

  1. Ketersediaan

Konsep yang ketiga adalah ketersediaan di mana maksudnya adalah aplikasi keamanan Cyber itu selalu siap sedia. Jadi aplikasi dari perusahaan itu sebisa mungkin bisa selalu diakses oleh pengguna, sehingga tidak membuat para pengguna kecewa. Hal ini menjadi satu dengan keamanan Cyber yang menjadi salah satu wujud pemberian rasa aman pada pengguna.

Konsep ketersediaan ini sangat dibutuhkan pada perusahaan keuangan atau aplikasi keuangan yang memang harus selalu aktif.

Baca Juga : 5 Sertifikat Cyber Security yang Bisa Menunjang Karirmu

Jenis-Jenis Apa itu Cyber Security

Keamanan Cyber pun memiliki beberapa jenis yang tentunya harus kalian pahami apabila ingin bisa memahaminya dengan baik. Total ada sekitar 3 jenis keamanan Cyber yang harus kalian pelajari untuk bisa memahami dan kemudian memanfaatkannya dengan baik. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa jenis dari Cyber security Indonesia yang memang ada dan banyak digunakan saat ini.

  • Cloud Security

Cloud Security adalah salah satu jenis Cyber Security yang akan bisa menghindari terjadinya pencurian data yang bisa terjadi kapan saja. Perlindungan yang diberikan itu meliputi layanan, teknologi, sampai kepada kebijakan yang berhubungan dengan Cloud Security ini. Beberapa cara yang biasa digunakan pada Cloud Security itu adalah dengan firewall, Two Factor Authentication sampai enkripsi data.

Kalau ingin mempergunakan Cloud Security, maka kalian wajib untuk mencari penyedia yang memang sudah teruji kualitasnya.

  • Network Security

Jenis yang kedua adalah network security yang akan mengamankan data dan juga aset perusahaan dari lalu lintas data. Network security ini menjadi salah satu kebutuhan ketika pengguna semakin banyak dan lalu lintas data semakin tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar supaya tidak terjadi pencurian data yang sudah pasti akan sangat berbahaya bagi perusahaan.

  • Application Security

Banyak sekali perusahaan yang mempergunakan aplikasi untuk menjalankan bisnis mereka, dan biasanya memang mempermudah pelanggan mengakses produk. Penggunaan aplikasi itu sangat rentan sekali terjadi penyerangan, karena itulah Application security jadi hal yang sangat penting sebagai Cyber security. Ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti kombinasi angka dan huruf untuk password, pengenalan sidik jari atau wajah, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Kursus Cyber Security di Indonesia

Jenis Ancaman Cyber

Semua instansi, perusahaan atau organisasi itu memang sangat perlu mewaspadai adanya ancaman Cyber agar supaya bisa lebih aman. Berikut ini beberapa jenis ancaman Cyber yang mungkin banyak terjadi juga di Indonesia.

  1. Cyber Crime

Cyber Crime itu seperti memanipulasi data terutama transaksi dan juga membuat kerusakan pada sistem komputer. Kekacauan itu biasanya akan bisa memberikan keuntungan materi bagi pelaku.

  1. Cyber Attack

Cyber Attack hampir sejenis dengan Cyber Crime hanya saja biasanya ada unsur kepentingan politik dan nama besar. Biasanya tujuannya adalah untuk mencuri data dan mengambil keuntungan.

  1. Cyber Terrorism

Sebuah serangan Cyber yang bisa menimbulkan ketakutan dan juga kepanikan massal maka sudah termasuk dalam Cyber Terrorism. Polanya adalah memberikan ketakutan pada publik sehingga akan membingungkan publik juga.

Profesi Cyber Security

Sekarang ini profesi keamanan Cyber ini di Indonesia memang mulai banyak diminati melihat gaji Cyber security yang sangat menjanjikan. Di Indonesia sendiri gajinya itu berkisar antara 5 sampai dengan 10 juta yang membuatnya memang sangat menarik untuk banyak orang. Demikianlah beberapa informasi mengenai Cyber Security yang ada di Indonesia mulai dari pemahaman sampai profesinya.

Mau Belajar Cyber Security ?

Ikuti berbagai macam kursus belajar hacker di Course-Net, Anda akan dibimbing dengan coaching terbaik di indonesia. Hanya cukup isi form pendaftaran yang telah disediakan di bawah ini :

Segera daftarkan diri anda juga dalam mengikuti kursus hacker di course-net, Promo terbatas untuk anda sekarang juga.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !