course-net
Search
Close this search box.

Home >

Deep Web: Mengenal Lebih Jauh Konten Tersembunyi

Monday, 26 February 2024 3:42 PM

deep web adalah

Web dengan konten atau informasi tersembunyi yang tidak bisa sembarang diakses oleh pengguna internet pada umumnya sering disebut apa itu deep web. Di dalam deep web, beberapa situs tidak dapat ditemukan secara mudah meskipun melalui mesin pencari. Dengan kata lain, web ini tidak dapat diakses secara bebas oleh pengguna internet.

Oleh karena itu, web ini juga sering dijadikan sebagai ladang kejahatan untuk transaksi properti yang bersifat ilegal atau pun tindakan kriminal dalam jaringan internet. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Deep Web

deep web adalah
Sumber : Freepik

Deep web sering disebut juga dengan invisible web, deepNet dan juga hidden deep. Pada dasarnya, web ini termasuk bagian dari protokol www (world wide web). Namun, keberadaannya tidak mudah ditemukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian dari deep web adalah bagian dari sebuah internet, yang biasanya tidak dapat diakses secara mudah bagi pengguna internet karena tidak termasuk ke dalam indeks oleh search engine seperti Google atau pun BING.

Ketidakbebasan akses dari situs deepNet ini dikarenakan web dilindungi oleh server proxy atau firewell dan dienkripsi yang menyebabkan diblokir pada akses pada search engine. Meskipun ada pembatasan akses dalam jaringan internet, web ini berbeda dengan dark web. Dark web merupakan bagian dari deepNet yang digunakan untuk melakukan transaksi kejahatan dan aktivitas ilegal seperti halnya dalam penjualan obat-obatan terlarang dan senjata ilegal.

Bagaimana Cara Mengakses Deep Web?

Setelah mengetahui secara jelas pengertiannya, mungkin rasa penasaran dalam mengakses web tersebut ada di dalam benak Anda. Pada dasarnya, untuk dapat mengakses web ini dibutuhkan software khusus seperti Tor atau Freenet. Software ini memungkinkan pengguna internet untuk menjelajah web tersebut secara anonim.

Setelah Tor browser yang diinstal pada perangkat, maka searh engine akan berfungsi sebagaimana mestinya yaitu untuk mengetikan keyword pencarian tanpa adanya batasan akses atau dapat dikatakan jika browser berfungsi secara normal.

Meskipun demikian, data yang terdapat dalam web tersembunyi tetap sulit ditemukan. Tidak seperti pada pencarian Google, pada web ini tidak dilengkapi dengan direktori sehingga tidak dapat secara cepat menemukan apa yang dicari oleh user.

Manfaat Deep Web

Bersifat misterius dan kerap kali di cap sebagai situs ilegal karena memiliki risiko data breaching yang cukup besar, ternyata deep web ini memberikan manfaat bagi penggunanya. Berikut manfaat dari penggunaan situs tersembunyi ini adalah:

1. Situs Bermanfaat bagi Polisi

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada bagian dari situs tersembunyi di internet ini yang digunakan untuk melakukan aktivitas ilegal seperti transaksi narkoba, perdagangan manusia dan wanita. Hal ini tentu akan membantu pihak kepolisian dalam melacak aktivitas tersebut karena semua kegiatan kejahatan diposting di dalamnya.

Namun, sangat disayangkan karena semua postingan yang ada di dalam situs tersebut bersifat anonim. Ini artinya pihak kepolisian harus cukup pintar dalam menemukan informasi terkait kejahatan tersebut.

2. Mencegah Aksi Terorisme

Dalam situs deep web, apabila Anda dapat memasukkan keyword yang tepat pada search engine terkait sebuah kejahatan maka Anda akan memperoleh secara detail informasi kejahatan tersebut. Maka, tidak heran jika Anda dapat mencegah aksi terorisme dari ancaman yang Anda temukan pada situs tersebut.

Biasanya pihak yang tidak bertanggung jawab akan memposting ancaman teror. Dari hal tersebut maka Anda akan menemukan informasi ancaman tersebut. Dengan begitu Anda dapat melaporkan pada pihak kepolisian sehingga mencegah aksi terorisme yang berbahaya.

3. Ruang Bebas untuk Membicarakan Topik Rahasia

Penggunaan sosial media sebagai tempat curhat menjadi hal yang tidak tepat. Biasanya pada saat Anda mengutarakan apa yang dirasakan akan mendapatkan komentar langsung dari pengguna lainnya. Apalagi jika Anda menyinggung pihak tertentu maka ancaman hukum pidana pun mungkin dapat terjadi pada diri Anda.

Namun, hal ini berbeda pada penggunaan deep web ini. Anda memiliki kebebasan dalam curhat, menyinggung orang lain hingga membuka rahasia negara. Pada situs ini, identitas diri Anda akan sangat dirahasiakan sehingga seseorang akan menemukan kesulitan dalam mencari identitas Anda. Di dalam situs ini ada keterbatasan akses termasuk identitas orang yang memposting informasi. Semuanya tidak akan terlacak sehingga aman untuk membicarakan hal rahasia.

Dampak Bahaya Deep Web

Keberadaan situs tersembunyi deep web ini memang membuat dunia internet semakin menarik untuk dijelajahi. Namun, untuk dapat mengaksesnya harus dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik. Mengingat ancaman dari jaringan internet akan mengganggu keamanan privasi Anda sehingga cukup berbahaya apabila mengakses situs ini tanpa dilengkapi dengan sistem keamanan.

Meskipun memiliki manfaat seperti yang disebutkan di atas, ancaman deep web bahaya ini pun perlu diperhatikan. Berikut bahaya dalam penggunaan web ini adalah:

1. Terjebak dalam Cyber Crime

Kejahatan dunia maya (cyber crime) menjadi bahaya terbesar yang akan diperoleh bagi seseorang yang mengakses deep web terutama pada bagian dark web. Ancaman ini dapat dirasakan karena masuk ke dalam sisi gelap internet tanpa adanya sistem keamanan yang baik.

Risiko cyber crime dapat diterima siapa pun yang mengakses situs ini. Banyak sekali bahaya yang merujuk pada tindakan kejahatan seperti perdagangan manusia dan juga transaksi narkoba.

2. Ancaman Virus

Virus merupakan salah satu ancaman bagi perangkat komputer. Virus dapat menyebar pada jaringan virtual. Ancaman ini tentu dapat dirasakan oleh pengguna internet yang mencoba mengakses situs terdalam pada internet.

Situs tersembunyi pada jaringan internet dapat disebut sebagai drive virus yang apabila tidak diproteksi maka virus akan menyerang jaringan komputer. Virus dalam situs ini juga bersifat cukup kuat yang artinya akan sulit sekali untuk dihilangkan.

3. Informasi Pribadi Tersebar

Seperti ancaman virus, mengakses situs terlarang ini juga dapat berdampak pada peretasan informasi pribadi. Untuk mengakses situs ini dan terbebas dari ancaman peretasan data pribadi, banyak yang menyarankan dengan penggunaan VPN. VPN ini digunakan untuk menyembunyikan protocol IP sehingga informasi pribadi tidak mudah dilacak.

4. Risiko Sakit Mental

Hampir sebagian besar orang yang mengakses situs terlarang ini didasarkan pada rasa keingintahuan yang besar. Hal ini tentunya memiliki risiko yang fatal. Konten-konten yang bersifat ekstrem akan memberikan pengalaman yang buruk pada Anda. Foto dan video yang diposting tidak termasuk hal yang kayak dipertontonkan seperti pembunuhan, penyiksaan dan juga prostitusi. Hal ini akan mengakibatkan gangguan jiwa pada setiap orang yang mengaksesnya.

Meskipun memiliki manfaat yang baik dalam mengakses deep web ini, akan tetapi Anda juga tidak boleh mengesampingkan dampak bahayanya. Penggunaan internet pada bagian paling dalam ini apabila tidak diikuti dengan keamanan yang baik maka akan lebih banyak memberikan dampak buruk. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami risiko yang akan diperoleh sebelum memutuskan untuk mengakses situs tersebut.

Ingin belajar mengenai IT lebih dalam? Yuk ikuti kursus di CourseNet. Di CourseNet, kamu akan dibimbing oleh tutor yang berprestasi tingkat dunia lho!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!