course-net
Search
Close this search box.

VLOOKUP Excel Adalah : Pengertian, Elemen-elemen &Perbedaannya

Minet

April 19, 2023

Berbagai Elemen Dalam VLOOKUP

VLOOKUP Excel Adalah : Pengertian, Elemen-elemen &Perbedaannya – Banyak rumus-rumus Microsoft Excel yang bermanfaat untuk kegiatan kita sehari-hari terutama untuk pembelajaran dan pekerjaan. Ada salah satu fungsi Excel yang menjadi andalan untuk lebih mudah mencari data yaitu VLOOKUP Excel. Rumus VLOOKUP ini mudah dipelajari juga sehingga dapat diaplikasikan langsung untuk pekerjaan kamu sehari-hari.

Vlookup Excel Adalah ? Mari Mengenal Penjelasannya

Apa itu Excel?

Vlookup Excel Adalah ? Mari Mengenal Penjelasannya

Microsoft Excel merupakan salah satu koleksi software dari Microsoft Office. Microsoft Excel ditujukan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan baik itu dalam perusahaan, lembaga pendidikan, perseorangan dan lainnya.

Dengan memakai Microsoft Excel, maka kita bisa membuat berbagai macam perhitungan-perhitungan dengan mudah. Walau perhitungan tersebut rumit, tapi bisa dengan mudah dibuat dengan Microsoft Excel dan cepat juga proses mendapatkan hasilnya.

Microsoft Excel memberikan banyak fungsi built-in sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Salah satunya yaitu VLOOKUP Excel yang menjadi pembahasan utama kali ini. Fungsi Microsoft Excel yang tersedia secara umum mencakup fungsi matematika, finansial, trigonometri, database, statistik, engineering dan fungsi lainnya.

Salah satu contohnya adalah fungsi VLOOKUP pada Excel. Microsoft Excel memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan aplikasi lain yang sejenis. Dari berbagai kelebihan tersebut yang membuat pengguna Microsoft Excel dari dulu hingga sekarang sangat banyak.

Kelebihan yang dimiliki Microsoft Excel kurang lebih berikut ini.

  • User interface atau tampilan aplikasi Microsoft Excel mudah dipahami dan dikuasai. Proses-proses di dalam Microsoft Excel juga mudah dijalankan
  • Microsoft Excel memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. Baik itu mengolah data, menyelesaikan perhitungan kompleks, membuat grafik dan sebagainya bisa dilakukan.
  • Penyimpanan data di Microsoft Excel sangat besar
  • Microsoft Excel dioperasikan memakai logika dan rumus yang fungsional seperti rumus Excel IF VLOOKUP dan mudah dioperasikan.

Apa itu Fungsi VLOOKUP?

VLOOKUP Excel adalah salah satu jenis rumus dasar dalam penggunaan Microsoft Excel. Sangat bermanfaat penggunaan VLOOKUP untuk pencarian data. Saat memakai menggunakan VLOOKUP ini, pengguna Excel bisa mencari data sesuai kata kunci.

Fungsi rumus ini untuk mencari tahu sebuah data atau nilai dengan basis tabel atau data keseluruhan. Kalau sudah ditemukan, maka Excel menampilkan nilai di kolom lainnya dan bisa diurutkan vertikal.

Penggunaan VLOOKUP adalah saat membaca suatu sumber data informasi yang telah dibuat sebelumnya di worksheet Excel sama atau pun berbeda. VLOOKUP diterapkan ketika ingin mengisi data tabel menggunakan tabel lainnya. Tabel lain tersebut dijadikan referensi yang memiliki belak nilai kunci spesifik.

Sebenarnya selain rumus VLOOKUP Excel, ada rumus HLOOKUP juga. Rumus ini dipakai untuk pencarian data tapi secara horizontal. Excel memiliki rumus lain yaitu LOOKUP. Perbedaannya adalah seputar jenis data Excel yang dicocokkan berdasarkan kata kuncinya. LOOKUP bisa kamu pakai untuk mencocokkan jenis data teks dan numerik.

Baca Juga : Rumus Pengurangan Excel Terlengkap

Sementara baik itu HLOOKUP dan VLOOKUP terbatas untuk data numerik saja.

Berbagai Elemen Dalam VLOOKUP Excel Adalah

Berbagai Elemen Dalam VLOOKUP

Seperti rumus Excel lain, rumus VLOOKUP terdiri atas elemen-elemen tertentu di dalamnya. Agar lebih mudah mengkaji elemen-elemen VLOOKUP tersebut, kamu perlu tahu terlebih dahulu seperti apa bentuk rumus VLOOKUP di Excel.

Rumus VLOOKUP yaitu seperti berikut ini:

Rumus VLOOKUP =vlookup(NilaiYangDicari;TabelReferensi;NomorKolom;[RangeLookup])

Setidaknya terdapat empat elemen penting yang dipakai d dalam rumusnya. Cara mencari data yang sama di Excel dengan VLOOKUP tidak lepas dari ketepatan elemen-elemen tersebut. Berikut bahasan lebih jelas seputar elemen-elemen VLOOKUP.

1. RangeLookup

Salah satu elemen VLOOKUP dan yang ada di paling akhir yaitu logika TRUE/FALSE. Elemen VLOOKUP Excel satu ini digunakan untuk memperlihatkan tipe pencarian. Elemen logika VLOOKUP tersebut akan menjadi patokan dalam menetapkan hasil yang diinginkan. Apakah kamu ingin mencari hasil yang sama persis di Excel atau sekadar menemukan nilai tertentu yang mendekati.

Di dalam RangeLookup, terdapat dua jenis argumen (TRUE/ FALSE). Ini penjelasannya mengenai dua argumen tersebut..

  • TRUE

Ketika argumen VLOOKUP ini dimasukkan, maka fungsi VLOOKUP Excel mencari barisan (NilaiYangDicari) pada tabel referensi Excel secara mirip/ sama persis, bisa juga hasilnya mendekati. Jika tidak ditemukan, maka Excel menampilkan nilai paling besar berikutnya dan di bawah NilaiYangDicari.

  • FALSE

Jika kamu mengetik ini, maka VLOOKUP Excel hanya mencari hasil sama persis saja. Kalau data tidak ditemukan, maka Excel memunculkan pesan #NA! Yang berarti error pada sel Excel.

2. NilaiYangDicari

Elemen NilaiYangDicari/ lookup_value menjadi nilai yang kamu akan cari dalam kolom pertama tabel. Nilai tersebut bisa terletak pada kolom data paling kanan pada TabelReferensi. Elemen VLOOKUP Excel ini memiliki berisi data sel dengan format seperti apa pun.

Mulai dari text, tanggal, angka, dan berbagai format Excel lainnya. Sementara kolom datanya dapat berupa hasil penghitungan suatu rumus Excel lain. Misalnya average, SUM, count dan lain sebagainya.

3. TabelReferensi

Selanjutnya ada table_array atau tabel referensi, sel ini berisikan kata kunci tertentu yang pengguna Excel gunakan dalam mencari data. Tabel tersebut terdiri atas dua buah kolom atau bisa lebih juga.

Untuk kolom pertamanya berisikan NilaiYangDicari/ keyword yang dipakai untuk pencarian data.

4. NomorKolom

Nama lain dari nomor kolom yaitu col_index_num. Penjelasan mengenai komponen VLOOKUP pada Excel satu ini yaitu nomor kolom tabel referensi Excel yang dipakai sebelumnya. Pada nomor kolom, terdapat nilai data Excel yang hendak diambil melalui pendekatan vertikal.

Data-data tersebut di posisi baris sama dengan elemen NilaiYangDicari pada kolom pertama.

Baca Juga : Rumus IF di Excel Yang Bisa Dilakukan

Penjelasan Mengenai Perbedaan Rumus Vlookup dengan Hlookup

Baik itu HLOOKUP atau pun VLOOKUP adalah rumus yang termasuk kategori fungsi Lookup & Reference dalam Excel. Formula tersebut digunakan untuk pencarian data melalui elemen kolom atau baris pertama tabel. Lalu kemudian mengambil nilai sel mana saja di tabel data Excel tersebut.

Lalu kapan waktunya memakai cara VLOOKUP Excel dan HLOOKUP tersebut? Fungsi VLOOKUP dapat dijalankan saat mencari input Excel yang tersaji untuk data vertikal. Lalu sebaliknya, fungsi HLOOKUP digunakan saat data tampil di Excel dengan bentuk horizontal.

Rumus-rumus ini pada intinya dipakai pengguna Excel saat mencari tahu kata kunci pada sebuah data. Seperti fungsi lain di Excel, harus menerapkan sintaksis dengan benar. Dengan begitu, rumus-rumus bisa berjalan sesuai fungsinya dengan baik. Agar bisa lebih mengenal kedua rumus tersebut, berikut perbandingan sintaksis untuk HLOOKUP dan VLOOKUP Excel.

  • Hlookup =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,[range_lookup])
  • Vlookup =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Dari sini, kita bisa tahu kalau rumus Excel VLOOKUP akan memakai column dan HLOOKUP akan memakai row. Kurang lebih seperti itu perbedaan antara dua rumus ini yang mampu berfungsi sebagai lookup/ reference formula dalam Microsoft Excel.

Penutup

Kesimpulan yang bisa diambil adalah fungsi VLOOKUP Excel ini digunakan saat ingin mencari data/ nilai melalui basis tabel referensi. Course-Net dapat menjadi tempat kamu belajar mengenai teknologi informasi dan bidang teknologi lain. Di sini adalah tempat berkumpulnya pemula dan mereka yang berpengalaman.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!