course-net
Search
Close this search box.

Home >

WPA Adalah : Pengertian dan Jenisnya

Tuesday, 3 October 2023 10:21 AM

Apa itu WPA

Di era digital ini, hampir semua orang menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk pekerjaan ataupun studi. Untuk mengakses internet biasanya orang memerlukan jaringan seperti Wi-Fi, jaringan nirkabel yang digunakan oleh perangkat untuk terhubung ke internet tanpa memerlukan media seperti kabel. Wi-Fi memiliki sistem keamanan untuk jaringannya, yaitu WPA. WPA adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Access.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai WPA.

Pengertian WPA

WPA adalah sistem keamanan yang digunakan pada jaringan nirkabel. WPA diciptakan untuk mengganti sistem WEP atau Wired Equivalent Privacy yang dianggap memiliki kelemahan karena ada banyak celah. Tingkat keamanan WPA dianggap lebih tinggi karena memiliki enkripsi yang lebih kuat dan metode autentikasi yang lebih baik.

Penggunaan WPA sangat penting untuk melindungi privasi dan data Anda dari akses yang tidak sah saat menggunakan jaringan nirkabel. Bahkan tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pengambilan data oleh pihak yang tidak diinginkan.

Hal ini merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga keamanan perangkat jika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik ataupun pribadi.

Baca Juga : Karier Etchical Hacker: Melindungi Dunia Digital

Sistem Keamanan WPA2 dan WPA3

Ada dua varian turunan dari WPA, yaitu :

1. WPA2 (Wi-Fi Protected Access 2)

WPA2 adalah pengembangan dari WPA yang dirancang untuk meningkatkan keamanan. Ini adalah versi yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna untuk jaringan Wi-Fi selama bertahun-tahun dan masih dianggap aman jika digunakan.

2. WPA3 (Wi-Fi Protected Access 3)

WPA3 adalah versi yang lebih baru dan lebih kuat dari WPA dan WPA2. Ini dibuat untuk mengatasi beberapa kerentanan keamanan yang mungkin ada dalam WPA2 dan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap serangan yang mungkin akan terjadi.

Baca Juga : Pengertian Subnet Mask, Fungsi, dan Cara Penggunaannya

Apa itu WPA2

Sekarang kita akan membahas mengenai WPA2 (Wi-Fi Protected Access 2). WPA2 adalah salah satu sistem keamanan yang digunakan dalam jaringan nirkabel seperti Wi-Fi. Sistem keamanan ini digunakan untuk melindungi kemanana n antar perangkat seperti komputer, smartphone dan titik akses nirkabel. WPA2 merupakan pengembangan dari WPA yang dirancang untuk semakin meningkatkan keamanan Wi-Fi.

Terdapat varian dari WPA2, yaitu :

1. WPA2-Personal (atau disebut juga WPA2-PSK)

Biasanya, WPA2-PSK digunakan dalam jaringan Wi-Fi yang kecil atau rumahan. Untuk mengakses jaringan, pengguna harus memasukkan kata sandi yang benar. Setelah terhubung maka komunikasi antar perangkat dan titik akses dilindungi dengan enkripsi WPA2.

2. WPA2-Enterprise

WPA2-Enterprise cocok digunakan untuk lingkungan perusahaan atau institusi. Untuk mengakses jaringan ini pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk proses autentikasi. Autentikasi yang digunakan dalam mode ini lebih kuat dan melibatkan server autentikasi yang terpusat.

Selamat bertahun-tahun, WPA2 telah menjadi standar keamanan Wi-Fi yang paling umum dan digunakan selama bertahun-tahun. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, terdapat sistem keamanan yang lebih baru, seperti WPA3. WPA3 diciptakan untuk mengatasi potensi kerentanan yang mungkin akan muncul.

Itulah ulasan mengenai WPA, WPA2, dan WPA3. Jaringan nirkabel seperti Wi-Fi perlu sistem keamanan yang kuat agar tidak merugikan dan menghindari resiko bagi pengguna jaringan. Karena itu, peran cyber security sangatlah penting.

Jika Anda tertarik dengan keamanan siber dan ingin menggeluti dunia cyber security, segera kunjungi Course-Net. Anda akan mendapatkan materi yang terstruktur dan berkualitas, serta dibimbing oleh mentor berpengalaman.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!