Kursus Programming: Tips Memilih Kursus Programming yang Tepat untuk Anda

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Kursus Programming: Tips Memilih Kursus Programming yang Tepat untuk Anda – Saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan programmer untuk menciptakan berbagai aplikasi yang berbasis web, desktop, bahkan mobile. Tidak mengherankan jika ada banyak orang rela menggelontorkan banyak uang untuk mengikuti kursus programming supaya tidak ketinggalan zaman.

Bahkan hasil dari kursus tersebut dapat sangat berguna untuk Anda yang ingin berkarir di bidang programming. Meski demikian, tentu saja Anda wajib memilih lembaga kursus terbaik untuk mendukung keinginan Anda tersebut.

Mau Ikut Kursus Programming ? Simak Apa Saja Yang Harus Disiapkan

Skill yang Wajib Dimiliki Sebelum Ikut Kursus Programming

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memilih tempat kursus programmer yang tepat, ada baiknya jika Anda mengetahui kemampuan seperti apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang programmer andal. Dengan menguasai keterampilan berikut, tentu hasilnya akan seimbang dengan kursus yang sudah Anda jalankan nantinya.

1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memang menjadi salah satu bahasa yang wajib Anda kuasai, terutama dalam bidang programming. Bagaimana tidak, saat ini ada banyak program dan dokumentasi bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Selain untuk membaca dokumentasi pemrograman, dalam sejumlah kursus programming juga akan dikenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan untuk mencari referensi saat terjadi stuck dan error pada program yang sedang Anda buat.

2. Logika, matematika, dan algoritma

Tahukah Anda, ternyata untuk menjadi seorang programmer Anda wajib menguasai logika, algoritma, hingga matematika dasar. Skill ini dibutuhkan untuk membuat program karena berisi berbagai penghitungan yang akan sangat bermanfaat.

Logika dibutuhkan supaya aplikasi yang dibuat memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, sehingga solusinya harus logis. Algoritma dan matematika juga sama-sama dibutuhkan sebagai sarana penghitungan dasar.

3. Coding

Kemampuan dalam bidang coding adalah atau bahasa pemrograman memang menjadi hal yang sangat penting karena tanpa kemampuan ini, program apa pun tidak akan dapat dibuat dengan baik. Di berbagai kursus programming online maupun offline, Anda juga akan menemukan materi coding menggunakan sejumlah bahasa pemrograman sehingga perlu dipelajari lebih lanjut.

Setiap bahasa pemrograman perlu dipahami supaya Anda dapat membaca berbagai dokumen guna melakukan penerjemahan dan penulisan kode pada sistem. Dengan demikian, suatu program yang terpikirkan bisa direalisasikan secara tepat dan presisi.

4. Debugging

Selain membaca berbagai source code dan dokumentasi sebelum melakukan coding, seorang programmer juga wajib menguasai skill dasar berupa debugging. Debugging dipakai untuk mencari bugs atau kesalahan pada program yang sudah dibuat.

Selain untuk menjaga sistem dari serangan peretas, tentunya debugging juga dipakai untuk membuat sistem dapat bekerja dengan lancar. Anda dapat mempelajari hal ini di sejumlah kursus programming yang dapat diakses secara langsung maupun online.

Selain dari berbagai kemampuan di atas, umumnya serang programmer juga akan belajar bagaimana desain produk hingga tampilan interface supaya menghasilkan user experience yang menarik. Tentunya, hal ini tidak terlepas dari skill logika yang penting untuk dikuasai.

Tips Memilih Tempat Kursus Programming Belajar Programming

Tips Memilih Tempat Kursus Belajar Programming

Saat ini sudah tersedia berbagai tempat kursus yang menyediakan kurikulum programming. Terlebih dengan berbagai kebutuhan yang pesat membuat tempat kursus tersebut semakin menjamur. Buat Anda yang ingin belajar di kursus programming, selalu pastikan sudah memilih tempat yang tepat. Apabila kebingungan, berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

1. Kredibilitas penyelenggara kursus

Satu hal yang utama dan penting untuk diperhatikan adalah kredibilitas dari lembaga penyedia kursus. Tentunya, jangan menjadikan lama berdirinya suatu tempat kursus sebagai patokan, namun kredibilitas dari lembaga tersebut.

Selain itu, memastikan lembaga kursus tersebut memiliki legalitas yang asli dan sudah diakui berbagai pihak tentu perlu menjadi pertimbangan tersendiri. Salah satunya terkait dengan sertifikat dan ilmu yang dapat diakui oleh banyak perusahaan.

Tempat kursus programming yang kredibel tentu akan memudahkan Anda dalam mendapatkan pekerjaan di bidang programmer. Ilmu yang didapatkan juga beragam dan sudah pasti bermanfaat. Jadi, Anda tidak sia-sia membayar mahal karena bisa mendapat pembelajaran yang tepat.

2. Kemudahan akses

Pertimbangan lain yang perlu diperhatikan yakni dari segi kemudahan akses. Saat ini, sudah banyak penyedia kursus yang menjalankan programnya dalam bentuk online. Anda dapat mengikuti kelas online ini jika Anda ingin belajar secara fleksibel dari mana saja.

Meski demikian, Anda juga bisa memilih lembaga yang memiliki kelas offline. Tentu saja sesuaikan kembali dengan platform yang nyaman digunakan sehingga Anda akan semakin maksimal mengikuti kursus yang sudah disediakan.

3. Kurikulum belajar yang up-to-date

Sebelum memilih tempat kursus programming, ada baiknya jika Anda mengecek materi dan kurikulum seperti apa yang ditawarkan. Tentunya, memilih tempat yang kurikulumnya up-to-date sangat penting dilakukan, apalagi dunia coding dan programming termasuk sangat cepat berkembang.

Kurikulum yang tepat perlu dirancang untuk mengikuti perubahan tersebut dan sesuai dengan kebutuhan dunia nyata. Tentu saja Anda jangan sampai rugi membayar mahal namun malah mendapatkan materi jadul dengan sumber yang tidak update.

Belajar teknologi memang menuntut kita untuk tahu perkembangannya secara cepat. Kendati kurikulum yang sudah lama masih bisa dipakai, namun tidak jarang ada beberapa materi yang sudah tidak relevan dengan kenyataan saat ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih tempat kursus dengan materi yang sudah disesuaikan dengan praktik sehari-hari.

4. Memiliki mentor yang berpengalaman

Suatu lembaga kursus terbaik juga akan senantiasa memiliki mentor yang terbaik pula. Tentunya, mentor yang dipilih haruslah yang menguasai materi coding terkini dengan konsep yang update mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu, pilihlah tempat kursus yang memiliki banyak mentor berpengalaman di bidangnya. Anda juga perlu mengecek track record mentor tersebut, dan jika sudah berpengalaman di berbagai bidang programming, tentu akan menjadi nilai plus bagi pembelajaran ke depannya.

Tentunya, mentor tersebut juga harus bisa menyampaikan materi dengan cara yang mudah supaya bisa dipahami banyak orang. Apalagi, tidak sedikit peserta kursus yang memulai semuanya benar-benar dari nol sehingga materi harus disampaikan dengan baik.

5. Diakui banyak kalangan

Salah satu karakteristik tempat kursus programming yang cocok untuk mereka yang ingin menekuni bidang tersebut yakni sudah diketahui oleh banyak kalangan sebagai tempat kursus terbaik. Meski demikian, nama baik ini tidak melulu menjadi patokan, namun pastikan juga sudah memiliki sistem pengajaran yang bagus.

Tentunya, pengakuan ini bisa didapatkan dari berbagai channel, salah satunya testimoni para alumni ataupun mereka yang sedang belajar di tempat kursus tersebut. Semakin banyak orang yang mengakui kualitas dari tempat kursus tersebut, tentu perlu menjadi pertimbangan Anda.

Adapun kualitas yang dimaksud mulai dari kualitas mentor, materi pembelajaran, hingga harga kursus. Pertimbangkan juga apakah tempat kursus tersebut memiliki sistem pembelajaran jarak jauh yang kualitasnya sama dengan pembelajaran secara offline.

6. Banyaknya alumni yang berkompeten

Kualitas tempat kursus juga tidak dapat terlepas dari banyaknya alumni dan profesional yang berasal dari lembaga kursus tersebut. Jika ada banyak alumni yang terserap di dunia kerja atau bahkan bekerja di berbagai perusahaan besar, tentu saja hal ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri.

Belum lagi jika ada alumni yang secara latar belakang pendidikan bukan pada bidang IT namun setelah mengikuti kursus, kemampuannya meningkat pesat dan bisa menduduki posisi penting dalam bidang programming, tentu secara tidak langsung menunjukkan bahwa tempat kursus tersebut memiliki program yang baik untuk mendukung kemajuan alumninya.

7. Adanya modul dan materi yang mudah dipahami

Bagi para pembelajar pemula, hal yang juga akan dipertimbangkan sebelum memilih kursus web programming terbaik yakni materi yang dapat dimengerti dengan baik. Terlebih, ada banyak bahasa pemrograman yang mempunyai istilah khusus dan belum tentu bisa langsung dikuasai.

Umumnya, calon peserta akan mendapatkan rancangan dan modul yang akan dipelajari. Bahkan tidak sedikit yang akan menunjukkan agenda pembelajaran seperti apa saja yang akan dipelajari, durasi belajarnya, hingga hal-hal lain apa yang dibutuhkan selama proses belajar.

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mendapat gambaran bagaimana efisien modul yang akan Anda dapatkan. Secara tidak langsung, tentu akan mempermudah Anda menangkap materi yang akan diberikan nantinya.

8. Mengutamakan penerapan praktik dibanding teori

Dalam mengikuti kursus, terutama yang berhubungan dengan programming, penerapan dan praktik akan jauh lebih penting dibandingkan teori. Meski demikian, Anda juga masih membutuhkan teori sebagai dasar dalam melakukan praktik coding dan pemrograman lainnya.

Untuk itu, cek kembali kurikulum yang tersedia, apakah memiliki materi penerapan praktik yang seimbang atau lebih banyak. Lebih baik lagi jika ada suatu ujian praktik di akhir sesi atau akhir pelajaran sehingga Anda bisa semakin paham dengan teori yang sudah disampaikan sebelumnya.

9. Memiliki layanan pelanggan yang responsif

Ada baiknya jika tempat kursus tersebut juga memiliki dokumen atau informasi lengkap yang bisa Anda baca terlebih dahulu. Jika ada yang masih bingung, Anda dapat mengonfirmasikannya pada pihak customer service atau CS lembaga tersebut.

Ya, dalam memilih sebuah kursus programming, layanan customer service juga perlu menjadi pertimbangan. Terlebih, Anda tentu akan bertanya-tanya mengenai detail kursus yang akan diberikan beserta dengan harga dan hal-hal lainnya.

Jika pihak CS tersebut tidak memberi jawaban yang lengkap, tentu Anda sebagai calon peserta juga akan merasa kebingungan dan kesulitan. Pastikan juga respons layanan tersebut cepat dengan solusi yang tepat. Jadi jika ada kesulitan, maka layanan bantuan ini bisa menjadi andalan.

10. Harga kursus yang bersahabat

Pertimbangan lain yang juga penting yakni dari segi biaya. Memang, untuk kursus di bidang IT akan senantiasa membutuhkan biaya yang besar. Untuk itu, pastikan kembali ke pihak CS dan lembaga kursus tersebut berapa biaya yang dibutuhkan dan apakah ada skema pembayaran yang mudah.

Saat ini, kursus di bidang programming rata-rata berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari materi yang diberikan, durasi pembelajaran, hingga lokasi. Sudah banyak kursus online yang membanderol tarif terjangkau namun kualitasnya tidak kalah dengan kursus offline.

Itulah beberapa hal yang dapat dipelajari ketika mengikuti kursus programming dan bagaimana memilih tempat kursus yang tepat. Semoga bisa menjadi referensi dan dapat membantu Anda mengatasi kebingungan dalam memilih tempat kursus terbaik!

Mau Jago Coding Dan Bersertifikat

Nah kesempatan nih buat kamu yang mau jago coding dan paham bahasa pemrograman, Dapatkan promo menarik di Course-Net untuk setiap yang mengikuti kursus full stack developer. Isi data diri anda disini.

Segera daftarkan diri anda sekarang juga, Untuk menikmati pelatihan programming hanya di Course-net.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !