course-net
Search
Close this search box.

JSON Adalah: Penjelasan, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Minet

March 8, 2023

JSON Adalah ? Simak Penjelasannya

JSON Adalah: Penjelasan, Fungsi, dan Cara Menggunakannya – Ada yang tahu dengan JSON? JSON sendiri adalah suatu turunan dari JavaScript yang sangat sering digunakan dalam penyimpanan atau transfer data. Bahkan sekarang, format ini sering dimanfaatkan oleh orang – orang untuk membuat suatu aplikasi website.

Bagi kalian yang ingin tahu mengenai hal ini dengan lebih detail lagi, tetap berada di sini dan baca artikel ini sampai dengan habis ya. Dengan begitu, akan ada banyak informasi bermanfaat lainnya juga yang bisa kalian dapatkan.

JSON Adalah ? Simak Penjelasannya

Pengertian JSON

JSON Adalah ? Simak Penjelasannya

Lebih dalamnya lagi, JSON adalah singkatan dari JavaScript Object Notation. Format ini sering sekali digunakan untuk mentransfer ataupun menyimpan suatu data. Format ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan XML atau format lain dengan fungsi yang sama.

Berbedanya karena apa? Karena, JSON memiliki suatu struktur data yang lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipahami jika dibandingkan dengan format yang lain. Itulah mengapa sekarang ini format satu ini sering digunakan dalam Application Programming Interface atau API.

Format ini juga terdiri dari dua struktur yang tidak kalah penting untuk kalian ketahui, dan itu adalah:

  • Daftar nilai atau value yang saling berurutan
  • Kumpulan nilai atau value yang saling berpasang – pasangan, contohnya seperti objek

Selain dalam JavaScript, format satu ini juga bisa digunakan untuk berbagai bahasa pembuatan program lainnya, selagi bahasa pemrograman tersebut sudah mendukung format ini. Beberapa bahasa pemrograman tersebut antar lain:

Sebagai tambahan, apabila kalian ingin membuka file yang memiliki format ini, sebenarnya tidaklah sulit loh. Cara membuka file JSON yang termudah adalah dengan menggunakan Notepad. Kami rasa kalian sudah paham dan tidak perlu dijelaskan lebih lanjut mengenai hal satu ini.

Fungsi

Membicarakan fungsi, JSON memiliki fungsi yang bisa dibilang sama dengan XML. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang membuat format ini menjadi lebih keunggulan serta lebih sering digunakan dibandingkan dengan XML, yaitu:

  1. Struktur Sederhana

Format ini dapat menampilkan berbagai rangkaian data yang ada, dan menerjemahkannya menjadi bahasa pemrograman yang lebih sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami.

  1. File Lebih Ringan

Dikarenakan dalam fungsi yang pertama format ini bisa membuat struktur yang lebih sederhana, maka sudah pasti ukuran file yang ada menjadi lebih ringan.

Karena itu, penerapan format ini juga akan menjadi lebih cepat apabila kalian bandingkan dengan format yang lainnya. Proses yang dibutuhkan juga tidak memerlukan waktu lama karena alur atau syntax yang tidak rumit dan analisa pada data yang ada menjadi semakin cepat.

Selain fungsi di atas, JSON juga memiliki fungsi pada smartphone Android loh. Memang tidak banyak orang yang mengetahui hal ini, itulah mengapa kami akan menjelaskannya secara sederhana untuk kalian agar lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Fungsinya pada android sangatlah sederhana dan tidak rumit, yaitu untuk melakukan berbagai aktivitas yang memiliki keterkaitan dengan aplikasi pada sistem operasi android itu sendiri. Contohnya seperti penyimpanan, konversi, serta pembacaan dari data yang ada.

Hal itu dilakukan supaya berbagai data tersebut bisa ditampilkan untuk para pengguna dari android itu sendiri.

Cara Menggunakan JSON

Cara Menggunakan JSON

Karena termasuk format yang mudah untuk dipahami, maka seorang pemula sekalipun tidak akan sulit untuk menggunakannya. Supaya kalian sedikit mengerti bagaimana sih cara penggunaannya, simak penjelasan dua hal yang harus kalian pelajari supaya bisa dengan mudah menggunakan format ini.

Kedua hal tersebut ialah:

  1. Syntax ( Cara Penulisan )

Format ini sebenarnya memiliki tanda yang mudah untuk diingat, yang mana selalu dibuka dan ditutup menggunakan kurung kurawal ({}). Untuk Syntax atau cara penulisan dalam format ini, terdiri juga dari dua elemen yaitu key dan nilai atau value, yang mana keduanya akan dipisahkan oleh tanda titik dua.

Oh iya, apabila terdapat lebih dari satu pasang key dan juga value, maka kalian harus memisahkannya menggunakan tanda koma yang berikutnya kalian ikuti dengan spasi.

  1. Value JSON

Dalam penggunaan JSON, ada beberapa jenis data yang bisa kalian jadikan atau gunakan sebagai value. Ingin tahu apa saja jenis data tersebut? Langsung saja menuju penjelasannya:

  • String

Merupakan salah satu data yang biasanya terdiri dari karakter unicode.

  • Object

Object ini adalah data yang terdiri dari key dan juga value. Sama seperti penjelasan di dalam syntax yang sebelumnya telah dijelaskan, kalian harus membuka atau menutup object menggunakan kurung kurawal.

Lalu, apabila terdapat lebih dari satu object, maka kalian harus memisahkannya dengan tanda koma yang kemudian diikuti dengan tanda spasi.

  • Array

Adalah sekumpulan object yang dibuka dan ditutup menggunakan tanda kurung siku ([]) dan bukan kurawal.

  • Boolean

Boolean Merupakan jenis dari data yang di dalamnya hanya berisi seputar pertanyaan antara benar atau salah.

  • Number

Melihat dari namanya saja kalian pasti sudah bisa menebak jenis data apa yang terdapat dalam number. Tapi ingat, angka yang bisa digunakan adalah angka yang bulat atau integer.

  • Null

Apabila kalian mendapati key yang tidak memiliki nilai atau value, maka kalian bisa menggantinya dengan mengetikan null.

Kelebihan dan Kekurangan JSON Adalah

Kelebihan dan Kekurangan JSON Adalah

Tentu saja setiap format pasti akan memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Tidak terkecuali format satu ini. Berikut akan kami jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangannya.

  • Kelebihan

Untuk kelebihannya sendiri, dari tadi kami sudah sempat menyinggungnya, apakah kalian masih ingat? Format ini, sampai sekarang masih menjadi yang terbaik sampai sekarang ketika membahas mengenai pengiriman data yang ditujukan ke berbagai macam server.

Data yang akan dikirimkan, akan diubah atau dikemas menjadi suatu array yang mana membuat data tersebut menjadi semakin ringan.

Para pengembang juga dapat menjadi lebih mudah saat melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan data bahkan tidak memerlukan waktu yang lama atau bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

  • Kekurangan

Namun seperti yang kami sebutkan, format ini juga memiliki kekurangan. Kekurangannya ialah sangat rentan terserang suatu virus karena digunakan pada sebuah aplikasi yang tidak bisa dijamin mengenai keamanannya.

Kekurangan selanjutnya, ialah tidak adanya pengoreksi saat pemasukan data kalian mengalami masalah. Hal ini juga pastinya akan membuat sulit para pengembang mengenai bagian data mana yang belum mereka masukkan dengan baik atau yang mengalami masalah.

Itu semua adalah penjelasan mengenai salah satu format yang paling sering digunakan oleh para pengembang saat ini. Tidak ada salanya apabila kalian mau mencoba untuk memakainya dari sekarang.

Untuk yang ingin lebih tahu mengenai JSON, memperbaiki penampilannya atau beautify JSON, serta ingin mempelajari berbagai hal dalam bidang IT, kalian bisa mengikuti pelatihan dari Course-Net.

Kursus di Course-Net akan dibimbing oleh tutor bertaraf internasional. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati kursus berbagai bidang dalam IT, sesuai dengan yang Anda ingin pelajari untuk keperluan pekerjaan Anda!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!