Install Laravel : Panduan Lengkap Cara Install Laravel

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Apa Itu Laravel: Cara Install dan Tips Belajarnya – Laravel merupakan salah satu platform yang sangat penting jika Anda merupakan seorang developer atau pengembang website. Install Laravel diperlukan sehingga Anda bisa melakukan pengembangan aplikasi dengan menggunakan platform Laravel ini.

Sebelum membahas lebih jauh terkait dengan Laravel ini ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu apa itu Laravel.

Apa Itu Laravel

Laravel adalah framework ataupun platform yang memiliki fungsi untuk pengembangan aplikasi web yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Laravel ini termasuk aplikasi web sehingga dia dapat diakses melalui browser pada saat tersambung dengan koneksi internet sehingga pengguna Laravel ini tidak perlu meminta aplikasi pada ponsel mereka.

Cara Install Laravel Yang Benar

Manfaat Laravel Pada Pengembangan Website

Jika Anda yang akan melakukan instalasi ini ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk dapat menginstal Laravel. Berikut ini merupakan tahapan yang diserahkan untuk menginstal travel.

  • Masuk ke Command Prompt

Pertama yaitu Anda harus menginstal Laravel terlebih dahulu dengan win+R dan klik cmd lalu ok.

Langkah selanjutnya harus dilakukan yaitu masuk ke bagian folder XAMPP. Setelah menginstal aplikasi Laravel maka Anda akan diarahkan ke command prompt. Secara default lokasi server akan ada pada bagian XAMPP/htdcs.

  • Masuk ke Direktori htdocs

Cara selanjutnya untuk install Laravel yaitu dapat dilakukan dengan cara masuk ke bagian direktori htdocs. Setelah itu, buat request untuk dapat mengambil file Laravel dan install file yang sudah disediakan dalam bentuk repositori Github.

  • Instalasi framework

Apabila proses dan perintah berhasil untuk dilakukan maka langkah selanjutnya yaitu Anda perlu melakukan pengambilan data dan juga melakukan instalasi framework ini pada directori yang ditentukan.

Pada saat melakukan instalasi, pastikan bahwa koneksi internet yang miliki cukup stabil dan kuat untuk melakukan pengambilan data aplikasi. Proses selanjutnya lakukan pengecekan pada instalasi Laravel yang ada pada web browser.

  • Cek Instalasi

Setelah proses Laravel install maka akan ada direktori file server dengan nama yang sudah sesuai dengan project ya instalasi sebelumnya. File tersebut akan masuk pada folder xampp/htdocs.

Anda harus memastikan bahwa Laravel ini sukses terinstall untuk bisa digunakan. Arahkan command prompt ataupun terminal menuju tempat file yang sudah dibuat lalu masukkan perintah ‘PHP artisan serve’ tanpa menggunakan tanda petik.

Apabila sudah muncul tulisan Laravel development server started maka selanjutnya yaitu Anda bisa membuka link yang sudah disediakan dasar otomatis akan diarahkan ke alamat server yaitu 127.0.0.1:8000.

Itulah 4 langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan instalasi aplikasi Laravel dengan mudah yang bisa dilakukan melalui PC atau Laptop Anda.

Baca Juga : Cara Install Laravel Di Windows

Tips Belajar Laravel Bagi Pemula

Jika Anda merupakan seorang pemula yang ingin menggunakan aplikasi Laravel ini ada beberapa hal harus diperhatikan sehingga bisa mahir dalam menggunakan Laravel ini.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mahir dalam menggunakan Laravel.

  • Pelajari PHP, Terminal, OOP, dan Composer

Setelah install Laravel dan memulai untuk belajar Laravel maka Anda harus mencari tahu lebih banyak terkait dengan PHP, terminal, oop, dan komposer. Lebih baik jika Anda paham terlebih dahulu terasa dengan dasar-dasarnya sebelum Anda mulai untuk belajar menggunakan Laravel ini.

Bagi Anda yang mulai belajar framework modern seperti Laravel ini maka harus paham dulu teratai dasar-dasar dari PHP yang khususnya oke atau object oriented programing yang artinya pemrograman berorientasi objek.

Semua jenis framework PHP ditulis dengan menggunakan mode oop jadi Anda harus paham apa itu yang dimaksud dengan properti, kelas, objek properti, dependensi dan lain sebagainya.

Setidaknya Anda perlu membuat satu project sederhana yang menggunakan PHP tanpa ada framework.

Jadi Anda akan jauh lebih paham terkait dengan bagaimana PHP ini dapat bekerja yang kemudian pada saat Anda berkutat dengan menggunakan aplikasi Laravel 9 ini dapat lebih paham.

Anda juga harus paham terkait dengan cara kerja dari composer install Laravel yang akan memungkinkan untuk bisa menggunakan dependensi Laravel dengan jauh lebih kompeten lagi. Perintah Laravel ini dikenalkan dengan perintah berbasis teks sehingga pengetahuan terkait dengan terminal atau command prompt jadi lebih krusial.

  • Jangan Gunakan Dokumentasi Resmi saat Memulai

Tips kedua yang harus diperhatikan yaitu jangan memulai dengan menggunakan dokumentasi resmi. Jangan salah pada saat Anda menggunakan aplikasi ini jangan gunakan terlebih dahulu dokumentasi resmi yang dimiliki oleh aplikasi Laravel.

Dokumentasi tersebut merupakan dokumentasi yang paling lengkap tetapi dukungan dari tersebut mengharuskan penggunanya untuk paham terkait dengan ekosistem dari PHP serta teknik development yang lebih kekinian.

Contohnya yaitu pada bagian pertama dari dokumentasi Laravel ini merupakan bagian installation. Untuk Anda bisa mengikuti panduan tersebut maka pengguna harus paham bagaimana cara untuk menggunakan composer, cara untuk menggunakan perintah di terminal serta cara kerja dari web server dan lain sebagainya.

  • Belajar dengan Cara yang Nyaman

Setelah install Laravel Windows tips ketiga yang harus diperhatikan setelah selesai install Laravel yaitu membaca buku, menonton video, mengikuti kursus, baik yang gratis maupun yang berbayar. Pembelajaran aplikasi Laravel ini sebenarnya relatif papeda dari masing-masing pribadi tergantung dengan cara bagaimana mereka nyaman untuk mempelajarinya.

Ada beberapa orang yang akan belajar lebih baik dengan cara membaca, ada pula yang akan lebih baik belajar dengan cara menonton video, ataupun dengan cara mengikuti pelajaran di kelas bersama dengan instruktur atau guru yang akan membuat mereka jauh lebih efektif untuk belajar.

Apapun teknik belajar yang dilakukan oleh pengguna Laravel harus terstruktur dengan baik sehingga pembelajaran dapat jauh lebih efektif.

Jika Anda memutuskan untuk belajar menggunakan video tutorial YouTube maka harus nonton video YouTube tersebut secara runtut sehingga akan lebih mudah untuk mempelajarinya. Tidak disarankan untuk menonton video secara acak karena hanya akan membuat Anda bingung.

Biasanya seorang yaitu gerakan membuat playlist untuk belajar dan Anda bisa memulai dari playlist tersebut.

  • Praktikan Jangan Hanya Membaca dan Menonton

Tidak mungkin belajar coding tanpa Anda mempraktekkannya. Akan sangat mustahil untuk Anda mahir tanpa harus praktik.

Praktik dapat membuat Anda jauh lebih paham tentang apa yang harus dilakukan. Biasanya jika hanya mengandalkan video saja atau membaca saja tidak akan efektif dalam belajar. Tetapi jika Anda mencoba untuk mempraktekkan akan jauh lebih efektif dalam belajarlah Laravel.

  • Jangan Pantang Menyerah

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu Anda tidak boleh menyerah untuk mencoba belajar menggunakan aplikasi ini. Jadikanlah masalah dalam belajar sebagai sebuah tantangan.

Bukan sebuah rintangan sehingga Anda tidak akan mudah menyerah dalam mempelajari Laravel. Itulah cara install Laravel atau install Laravel Ubuntu yang harus Anda perhatikan.

Mau Belajar Laravel ? Ambil promonya

Promo khusus kursus laravel di Course-net , Segera check jadwalnnya disini. Segera amankan seat anda dalam mengikuti pelatihan di Course-Net.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !