course-net
Search
Close this search box.

Home >

Materi Statistika: Pengertian, Manfaat, Metode dan Contohnya

Monday, 29 January 2024 1:57 PM

materi statistika

Materi statistika merupakan cabang ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan dan umumnya digunakan saat melakukan suatu penelitian. Statistika adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mengelola data sesuai dengan data dan kemudian menginterpretasikannya.Peran yang dimiliki statistika adalah untuk memahami beragam nilai dari beberapa sasaran pengamatan, gambaran umum tentang angka, memudahkan penelitian dengan grafik, bagan dan yang lainnya.

Statistika umumnya digunakan untuk sejumlah keperluan, jadi tidak heran jika ada sejumlah metode penelitian yang bisa digunakan, seperti analisis deskriptif, diskriminan dan regresi. Nah, agar Anda lebih memahami materi statistika kuliah bisa simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Statistika di Kehidupan Sehari-hari

Materi statistika mempunyai peran yang penting di dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan statistika tidak terbatas untuk penelitian di bidang akademis saja, namun juga di sejumlah sektor di dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, beberapa manfaat statistika untuk kehidupan sehari-hari dilihat dari beberapa bidang adalah:

1. Bidang Kesehatan

Statistika di dalam bidang kesehatan umum digunakan untuk penelitian yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengidentifikasi faktor risiko yang bisa mempengaruhi kesehatan dari individu.

Contohnya adalah statistikawan bisa mengidentifikasi faktor risiko yang berkaitan dengan suatu penyakit, seperti penyakit jantung, kanker dan sebagainya. Hasil dari analisis yang dilakukan tersebut akan memberikan kontribusi pada pendekatan diagnosa serta pengobatan yang secara efektif bagi para tenaga medis yang profesional.

2. Bidang Pendidikan

Statistika juga memiliki manfaat di dalam dunia pendidikan untuk mengukur efektivitas program pembelajaran dan prestasi siswa di sekolah. Contohnya dengan cara mengumpulkan data statistik mengenai hasil ujian siswa dan kemudian statistikawan bisa menganalisis kinerja dari siswa secara menyeluruh serta mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan.

Hal ini sangat mendukung perkembangan dalam program pembelajaran secara efektif di sekolah. Bagi siswa yang ingin mendapatkan materi statistika lengkap bisa mengikuti kursus online melalui CourseNet.

3. Bidang Ekonomi

Di dalam bidang ekonomi, statistika digunakan untuk mengukur kinerja ekonomi di suatu perusahaan atau bahkan negara. Data statistik mengenai inflasi, produksi industri hingga jumlah pengangguran untuk membantu pemerintah menemukan solusi ekonomi yang tepat serta dapat membimbing perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya jadi lebih baik.

4. Bidang Lingkungan

Materi statistika dapat digunakan di bidang lingkungan dan bermanfaat untuk mengukur dampak aktivitas dari manusia kepada lingkungan serta populasi satwa liar hingga kualitas air. Hal ini membuat statistikawan bisa mengidentifikasi area yang membutuhkan perlindungan dan juga program konservasi yang efektif demi menjaga keseimbangan ekosistem.

Begitulah beberapa contoh manfaat menerapkan materi statistika di dalam kehidupan sehari-hari yang dilihat dari beberapa bidang.

Metode Statistika

Statistika digunakan untuk berbagai keperluan, jadi ada beberapa metode statistika yang digunakan. Nah, berikut ini merupakan metode-metode statistika yang paling umum digunakan:

1. Metode Deskriptif

Metode deskriptif memiliki tujuan untuk menjelaskan nilai yang termasuk hasil pengumpulan data. Contoh penerapan dengan metode satu ini adalah nilai median, nilai rata-rata, nilai maksimal, nilai minimal dan sebagainya. Metode deskriptif biasanya dipakai apabila Anda ingin mendeskripsikan hasil dari penelitian saja, tanpa melakukan analisis yang lebih mendetail.

2. Metode Diskriminan

Metode diskriminan termasuk jenis metode yang digunakan untuk mengelompokkan fenomena, peristiwa maupun individu ke dalam kelompok dan klasifikasi tertentu. Selain itu, metode satu ini biasanya juga dipakai untuk melihat kaitannya dengan perbandingan variabel dari individu maupun kelompok kecil.

3. Metode Regresi

Metode regresi umumnya memakai variabel yang terdapat di masa sekarang untuk memprediksi pola maupun tren yang akan terjadi di masa depan. Anda bisa memakai satu variabel terikat untuk membandingkan variabel bebas untuk menentukan prediksi tren-nya.

Itulah beberapa contoh metode statistika yang umum digunakan atau diterapkan di dalam materi tentang statistika.

Unsur-unsur Penting di dalam Statistika

Terdapat beberapa unsur penting di dalam statistika yang masih berkaitan dengan statistika, seperti:

1. Outliner

Umumnya kumpulan data di satu variabel mengandung sejumlah nilai yang sangat besar dan sangat kecil dibandingkan dengan sejumlah data lainnya. Nilai seperti ini dikenal juga dengan outliner maupun pencilan yang umum masuk ke dataset.

Ahli statistika akan mengidentifikasikan outliner serta meninjau setiap angkanya sampai memutuskan apakah data tersebut akan diikutsertakan pada analisis atau tidak. Outliner sangarlah menentukan hasil analisis, jadi harus dilakukan dengan cara khusus untuk menaganinya. Terdapat sejumlah kasus yang harus menghapus outline, namun ada juga kasus yang masih dapat ditoleransi.

2. Peluang

Unsur penting lainnya di dalam materi statistika adalah peluang, yang merupakan subjek yang berkaitan dengan ketidakpastian. Biasanya peluang ini dianggap jadi ukuran numerik dari kemungkinan yang menerangkan bahwa suatu peristiwa akan terjadi.

Nilai probabilitasnya ditentukan di skala nol sampai satu, yang mana nilai yang cukup mendekati nol akan menunjukkan jika suatu peristiwa tidak akan terjadi, sedangkan nilai yang mendekati satu akan menunjukkan suatu peristiwa kemungkinan dapat terjadi.

3. Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif merupakan ringkasan data grafik, tabular dan numerik yang tujuannya untuk memudahkan penyajian serta interpretasi daya. Apabila kita hanya memakai statistik deskriptif, maka bisa memakai statistik deskriptif univariat, kemudian statistik deskriptif multivariat dapat dipakai untuk memahami hubungan dua variabel atau lebih.

Statistik ini juga termasuk ke dalam metode statistik yang paling umum dan sederhana untuk digunakan dalam menjawab pertanyaan dasar, seperti seberapa sering, seberapa banyak dan yang lainnya.

4. Tabular

Tabel tabular yang sering digunakan untuk satu variabel adalah distribusi frekuensi. Dapat menunjukkan jumlah nilai serta data masing-masing kelas dengan tidak overlapping. Tabel tabular yang lainnya disebut juga dengan distribusi frekuensi relatif untuk menunjukkan persentase atau fraksi dari nilai data di setiap kelas.

Begitulah beberapa unsur penting yang bisa ditemukan di dalam materi statistika.

Contoh Soal Statistika

Setelah Anda cukup memahami materi statistika matematika, lihat beberapa contoh soalnya di bawah ini.

  1. Nilai rata-rata satu kelas dengan jumlah 40 siswa adalah 62. Apabila salah seorang siswa di kelas tersebut mendapatkan nilai 23 dan tidak dimasukkan ke dalam perhitungan, maka berapa rata-rata nilai ujian tersebut?

Jawab:

Jumlah nilai : 62 x 40 = 2480

Nilai jumlah setelah dikurangi 23 = 2480 – 23 = 2457

Jumlah nilai= 2457 : 39 = 63

Jadi, nilai rata-rata ujian di satu kelas adalah 63.

  1. Pada suatu kelas ada 21 orang siswa. Nilai rata-ratanya 6, apabila siswa yang paling rendah tidak dimasukkan, maka nilai rata-ratanya jadi 6,2. Berapa nilai terendahnya?

Jawab:

Nilai rata-rata 21 siswa = 21 x 6 = 126

Nilai rata-rata 20 siswa = 20 x 6,2 = 124

Anak dengan nilai terendah = 126 – 124 = 2

Nah, itulah dia penjelasan selengkapnya mengenai materi statistika, manfaat, metode dan contoh soalnya.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!