course-net
Search
Close this search box.

Bootstrap Adalah : Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Minet

February 28, 2023

Kelebihan Framework Bootstrap Adalah

Bootstrap Adalah : Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya – Bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia IT, tentu tidak asing lagi dengan bootstrap. Bootstrap merupakan framework gratis yang sifatnya open source yang berfungsi untuk mengembangkan website sehingga lebih cepat. Pasalnya, script dan sintaks push trap dapat digunakan untuk berbagai komponen pada desain website.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang bootstrap, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang pengertian bootstrap, kelebihan dan kekurangannya, dan berbagai file yang digunakan pada bootstrap.

Boostrap Adalah ? Yuk Simak Definisi & Pengguan Boostrap

Pengertian Bootstrap

Boostrap Adalah ? Yuk Simak Definisi & Pengguan Boostrap

Bootstrap digunakan dengan tujuan untuk mengembangkan aplikasi website dalam proses coding sehingga lebih mudah dan cepat. Dalam hal ini, bootstrap adalah framework web development yang berbasis html, javascript, dan CSS yang dibangun untuk mempercepat dalam proses mengembangkan web responsif serta mobile first sehingga tetap memprioritaskan perangkat seluler.

Push trap menjadi salah satu framework CSS terpopuler di dunia yang terbukti dapat mempercepat proses coding serta memberikan tawaran kemudahan integrasi di website yang sedang dibangun sehingga bisa berjalan pada berbagai web browser modern.

Framework open source ini pada awalnya dinamakan Twitter blueprint yang diciptakan oleh Mark Otto dan Jacob Thronton dari Twitter di tahun 2011.

Kemudahan dari bootstrap yaitu tidak membutuhkan coding komponen website dari nol karena framework ini disusun dari kumpulan file javascript dan CSS berbentuk class yang siap pakai.

Selain itu, class bootstrap juga tersedia cukup lengkap seperti class layout halaman, class animasi, class menu navigasi, dan lain-lain.

Bootstrap juga menjamin tampilan web tetap konsisten dan rapi pada berbagai perangkat pengunjung, baik diakses melalui tablet kemal laptop, dan smartphone. Hal ini terjadi karena framework ini responsif karena grid system yang dipakai. Pasalnya, sistem grid bootstrap memakai rangkaian baris, container, dan kolom yang menyesuaikan bentuk konten dan layout web.

Tujuan Dan Fungsi Bootstrap

Setelah memahami apa itu bootstrap, selanjutnya akan dijelaskan tentang apa saja fungsi dan tujuan framework ini untuk pengembangan website.

  • Membuat web mobile friendly

Bootstrap menggunakan sistem grid, di mana berkat sistem grid ini para developer bisa dengan mudah membuat website mobil friendly yang cepat dan mudah.

  • Mudah melakukan resize gambar

Framework ini juga memudahkan dalam hal resize gambar. Caranya yaitu cukup menambahkan class .img responsif pada gambar, kemudian secara otomatis gambar akan di-resize sesuai dengan ukuran layar pengguna.

  • Menambahkan elemen web tanpa ribet

Food Street memiliki berbagai elemen yang dapat digunakan pada website seperti menu dropdown, navigasi, thumbnail, dan lain-lain.

  • Menciptakan web yang lebih interaktif

Framework ini juga memudahkan para developer untuk memakai plugin custom JQuery. Dengan begitu maka akan lebih mudah untuk menambahkan berbagai macam elemen yang interaktif pada website dengan lebih mudah. Misalnya menambahkan transisi, pop up, image carousel, dan lain-lain.

Kelebihan Framework Bootstrap Adalah

Kelebihan Framework Bootstrap Adalah

Selanjutnya akan dijelaskan tentang apa saja kelebihan bootstrap yang menjadi salah satu framework populer di dunia.

  • Ramah bagi pemula

Tidak perlu khawatir jika baru memahami dasar bahasa pemrograman dari javascript CSS, dan HTML, karena hal itu cukup untuk menjadi bekal menggunakan bootstrap dalam membuat website.

Alasannya karena bootstrap telah menyediakan berbagai class dan elemen yang dapat langsung dipakai. Hal inilah yang membuat framework ini sangat ramah bagi pemula.

  • Great system yang canggih

Dengan adanya grid sistem, maka saat membuat website responsif bukan merupakan hal yang sulit lagi. Segala elemen yang ada di website dapat dibuat dengan cara menyesuaikan perangkat yang dipakai oleh pengunjung.

Developer juga tidak perlu repot-repot untuk membuat berbagai versi mobile dari web secara terpisah karena bootstrap merupakan salah satu CSS framework terbaik.

  • Kompatibilitas dengan web browser terbaru

Keunggulan lainnya dari framework ini yaitu mendukung segala jenis versi terbaru dari web browser pada berbagai perangkat. Artinya, bootstrap kompatibel dengan berbagai peramban seperti Mozilla Firefox, Safari, Google Chrome, Opera, Internet Explorer, dan lain-lain.

  • Bersifat open source

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bootstrap merupakan salah satu framework yang bersifat open source sehingga bebas diakses untuk dikembangkan oleh penggunanya. Dengan begitu maka framework bootstrap akan lebih berkualitas karena berbagai kontribusi dari developer di berbagai negara.

Bootstrap yang open source ini memberikan kesempatan kepada para developer untuk menggunakannya dengan bebas tanpa mengeluarkan biaya. Artinya, framework ini sangat cocok bagi para developer pemula yang ingin belajar membangun website.

  • Kebebasan kustomisasi

Bootstrap juga memberikan kebebasan dalam kustomisasi. Versi default framework ini memberikan apa yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website. Dengan begitu para developer bisa mengubah dengan mudah dengan cara menyesuaikan kebutuhan developer website yang hendak dilakukan.

  • Rutin dilakukan perbaruan

Bootstrap merupakan salah satu framework yang selalu update sehingga termasuk pada jajaran framework yang melakukan pembaruan rutin. Artinya, framework ini tidak hanya melakukan Major update saja.

Jika terdapat fitur terbaru maupun celah keamanan yang diperbaiki, maka para pengguna dapat langsung memperoleh versi terbarunya.

Saat ini, modal bootstrap versi terbaru yaitu bootstrap 5 yang hadir dengan berbagai keunggulan dibandingkan bootstrap sebelumnya. Karena penggunaan bootstrap 4 pada website dinilai terlalu berat sehingga dapat memperlambat kinerja website.

Selain itu, terdapat bootstrap icon dengan library open source lebih dari 1500 icons gratis menggunakan format SVG. Framework ini dapat digunakan di bootstrap versi sebelumnya ataupun project website tanpa menggunakan bootstrap sekalipun.

Kekurangan Framework Bootstrap Adalah

Di samping menawarkan berbagai kelebihan ternyata bootstrap juga merupakan framework yang memiliki kekurangan seperti berikut ini.

  • Element banyak dipakai developer website lainnya

Meskipun bootstrap merupakan framework dengan elemen yang cukup banyak, tetapi bisa jadi elemen yang digunakan sama dengan website developer lainnya. Dengan begitu maka tampilan website akan terlihat serupa dengan beberapa website lain sehingga kurang unik.

Sebenarnya hal ini dapat ditangani dengan cara mengubah kode elemen bootstrap tetapi tidak semua developer bisa melakukannya karena kendala kemampuan dan waktu proses pengerjaan.

  • Dapat memperlambat website

Ukuran file bootstrap saat pertama kali diunduh tidak begitu besar tetapi terdapat file javascript CSS, hingga JQuery yang digunakan untuk membangun website.

Seiring dengan pengembangan website, kemudian banyak file yang dipakai dan akhirnya proses membuat website pun menjadi berat. Solusinya yaitu cukup dengan menggunakan class bootstrap yang dibutuhkan saja.

  • Menghambat proses belajar

Ternyata dengan menggunakan framework ini bisa menghambat proses belajar, terutama bagi orang-orang yang sedang belajar programming, khususnya coding. Jika sedang belajar coding, menggunakan bootstrap saja bukanlah cara terbaik.

Pasalnya, bootstrap menyediakan berbagai kemudahan sehingga para pemula dapat membuat website tanpa melakukan proses coding yang rumit. Akhirnya karena merasa lebih mudah, kemudian tidak belajar lebih jauh lagi.

Jika kamu tertarik untuk mencoba bootstrap, kamu bisa mencobanya untuk mengembangkan website. Siap untuk mencoba bootstrap sekarang? Course-Net memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin belajar lebih jauh dalam membangun website berkualitas dengan cepat tanpa harus belajar coding dari awal.

Kamu akan dilatih oleh mentor yang berpengalaman dan ahli di bidangnya sampai kamu benar-benar bisa. Belajar bootstrap sangat penting bagi kamu yang ingin membuat website untuk berbagai keperluan seperti bisnis, blog pribadi, dan lain-lain.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print