course-net
Search
Close this search box.

Firebase Adalah: Pengertian, Fitur, dan Fungsinya

Minet

March 16, 2023

Firebase Adalah ? Simak Penjelasannya

Firebase Adalah: Pengertian, Fitur, dan Fungsinya – Ketika ingin membuat suatu aplikasi, pasti Anda akan melewati serangkaian proses yang cukup panjang dan rumit. Nah, salah satu bagian paling berat dari aplikasi adalah backend. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ada firebase yang akan membantu berbagai urusan di backend aplikasi tersebut.

Bisa dikatakan bahwa layanan ini merupakan jawaban bagi para developer yang membuat aplikasi. Layanan yang satu ini menawarkan banyak fitur dengan fungsi yang sangat berguna untuk backend aplikasi. Maka dari itu, penting untuk mengenali lebih jauh mengenai apa itu firebase, terutama jika Anda sedang berencana membuat sebuah aplikasi.

Firebase Adalah ? Simak Penjelasannya

Apa Itu Firebase?

Firebase Adalah ? Simak Penjelasannya

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk mengenal pengertiannya terlebih dahulu. Firebase merupakan backend as a service (BaaS) yang ditawarkan oleh pihak Google untuk memudahkan developer aplikasi dalam mengembangkan sebuah aplikasi, baik website atau mobile.

Meskipun layanan ini baru hadir beberapa tahun terakhir, namun kehadirannya sangat membantu untuk mempercepat berbagai pekerjaan tim developer. Sebagai Back as a Service (BaaS), layanan ini dapat mengatur semua hal yang berkaitan dengan hosting, database, API, authentication, dll.

Sebuah tools yang ditemukan oleh James Tampling dan Andrew Lee pada tahun 2011 lalu ini kemudian diambil alih oleh perusahaan Google, tepatnya pada tahun 2014. Secara resmi, Google memperkenalkan tools ini pada tahun 2016 dan terus dikembangkan sampai saat ini.

Firebase adalah sebuah media yang dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan besar global sekalipun. Alasannya adalah karena tools ini mampu membantu perusahaan startup dalam mempermudah pembuatan aplikasi.

Sementara itu, fungsi layanan ini bagi perusahaan global adalah untuk melakukan optimasi sekaligus meningkatkan kualitas dari aplikasi atau website yang mereka miliki. Beberapa perusahaan ternama dunia yang menggunakan tools ini antara lain Duolingo, Gameloft, dan Halfbrick.

Fungsi Utama Penggunaan Firebase

Penggunaan Firebase pada pembuatan atau pengembangan aplikasi bukan tanpa alasan. Sebab, fungsi dari layanan ini memang sangat banyak. Secara umum, terdapat tiga fungsi utama dari tools tersebut. Lalu, apa saja fungsinya? Berikut penjelasannya.

  1. Membangun Aplikasi

Fungsi pertama dari tools ini adalah untuk membuat aplikasi. Dengan tools ini, maka proses membangun aplikasi akan jadi lebih mudah dan cepat. Mengapa? Tools ini memungkinkan Anda dapat membuat aplikasi tanpa harus mengelola server. Dengan begitu, maka pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dengan didukung oleh infrastruktur backend yang canggih.

  1. Meningkatkan Kualitas Aplikasi

Bukan hanya untuk membuat aplikasi saja, kegunaan lain dari tools ini adalah untuk meningkatkan kualitas dari sebuah aplikasi. Saat aplikasi sudah selesai dibuat, langkah berikutnya yang dilakukan adalah testing aplikasi sebelum dirilis. Tools ini menyediakan fitur yang bisa membantu proses testing, seperti crashlytics, test lab, dan performance monitoring.

  1. Mengembangkan Bisnis

Fungsi selanjutnya dari tools ini adalah bisa membantu mengembangkan sebuah bisnis. Caranya adalah dengan meningkatkan user experience dari sebuah aplikasi yang dibuat agar meningkatkan kepuasan pengguna. Fitur yang dapat mendukung upaya ini diantaranya adalah analytics, remote config, invites, app indexing, dynamic links, dan cloud messaging.

Fitur-Fitur yang Tersedia Pada Firebase Adalah

Fitur-Fitur yang Tersedia Pada Firebase Adalah

Perlu diketahui bahwa firebase terbagi dalam 18 macam fitur yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya, ada enam fitur utama pada tools ini sangat canggih dan berguna. Apa saja fitur-fitur utama tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Realtime Database

Realtime Database merupakan database asli dari firebase. Kegunaannya adalah untuk melakukan sinkronisasi antara pengguna dan menyimpan data secara real time. Menariknya, proses sinkronisasi ini mendukung kondisi offline maupun online. Namun, dukungan offline hanya berlaku pada aplikasi iOS dan android saja.

Jika menggunakan aplikasi web, tidak disarankan memilih Realtime Database ini. Jenis firebase database ini lebih cocok untuk aplikasi yang lebih sedikit dalam melakukan transaksi atau sebuah aplikasi yang menggunakan query sederhana, seperti aplikasi papan tulis digital. Tools ini menggunakan keamanan berbasis pengguna yang kuat, karena telah terintegrasi dengan firebase authentication.

  1. Cloud Firestore

Jika Anda ingin membuat sebuah aplikasi dimana para pengguna dapat berkolaborasi dan bisa diakses dari perangkat yang berbeda, maka Cloud Firestore adalah pilihan yang tepat. Tools ini dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler, termasuk menyimpan, menyinkronkan, serta membuat kueri data aplikasi.

Kelebihan dari Cloud Firestore adalah memiliki kemampuan untuk menjalankan query yang cukup kompleks dan lebih canggih jika dibandingkan dengan jenis Realtime Database. Ini berarti bahwa Cloud Firestore lebih cocok digunakan pada aplikasi yang membutuhkan interaksi yang lebih kompleks dengan data yang besar, seperti aplikasi e-commerce.

  1. Firebase Authentication

Dengan Firebase Authentication, Anda bisa menambahkan sistem autentikasi, seperti login pengguna yang aman dengan beberapa baris kode. Firebase memang menyiapkan UI yang siap pakai dan fleksibel, sebagian proses implementasi jauh lebih cepat.

Firebase Authentication ini mampu mendukung autentikasi menggunakan sandi dan akun email. Bisa juga melakukan autentikasi dengan ponsel, Facebook, Twitter, Github, ponsel, dll. Soal keamanan juga tidak perlu diragukan karena sudah mengembangkan login with Google, Google password manager, dan smart lock, sehingga jauh lebih aman.

  1. Firebase Crashlytics

Firebase Crashlytics merupakan sebuah tools yang berfungsi untuk memberikan informasi jika ada yang error pada aplikasi. Tools ini dapat digunakan di aplikasi iOS, android, watchOS, tvOS, dan macOS. Tools ini tentu memiliki banyak keunggulan, sehingga layak untuk digunakan.

Keunggulan dari Firebase Crashlytics yaitu sistem pelaporannya bekerja secara real time. Selain itu, tools ini juga memungkinkan Anda bisa mendapatkan analisis error secara lebih mendetail. Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah dan praktis untuk memperbaiki yang error.

Dengan kemudahan tersebut, maka Anda tidak perlu lagi melacak yang error secara manual. Bukan hanya itu, hal ini juga memungkinkan Anda dapat langsung mengetahui bagian mana yang menjadi prioritas perbaikan yang nantinya berdampak paling besar terhadap kepuasan user.

  1. Firebase Analytics

Jika Anda ingin mengembangkan sebuah bisnis, maka mengetahui data-data para pengguna aplikasi merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Dengan memahami para pengguna, maka Anda akan lebih mudah untuk mempersiapkan strategi bisnis yang baik ke depannya.

Pada fitur inilah Anda dapat mengambil data-data pengguna dengan mudah, sebab terintegrasi dengan Google Analytics. Data-data pengguna yang dapat dilihat ini meliputi data error, akuisisi, efektivitas notifikasi, data pembelian, serta penggunaan aplikasi android atau iOS yang Anda miliki. Bukan hanya untuk melihat data, fitur ini juga bisa membuat laporan dengan custom dashboard di Google Data Studio.

  1. Remote Config

Remote Config adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda dapat mengubah tampilan aplikasi tanpa mengharuskan para pengguna untuk update aplikasi. perubahan ini dapat Anda lakukan secara langsung melalui Firebase console. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur secara dinamis atau melakukan eksperimen tanpa harus merilis versi aplikasi terbaru.

Itulah pengertian firebase, fungsi, dan fitur-fitur yang tersedia. Ternyata, tools ini menyediakan banyak fitur yang sangat berguna bagi para developer atau pengembang aplikasi. Dapatkan informasi paling update terkait dunia teknologi disini dan ikuti kelas IT dengan taraf kelas dunia hanya di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!