course-net
Search
Close this search box.

Home >

Netbeans Adalah: Pengertian , Definisi & Kelebihan Kekurangan

Monday, 9 January 2023 9:14 AM

Netbeans Adalah: Pengertian , Definisi & Kelebihan Kekurangan

Netbeans Adalah: Pengertian , Definisi & Kelebihan Kekurangan – Bagi kalian yang sudah familiar dengan dunia programmer dan pembuatan program, pasti akan menemui software dengan nama NetBeans. Untuk kalian yang ingin masuk ke dunia programmer, maka perlu sekali untuk memahami dulu mengenai software ini dengan baik. Berikut ini kami akan coba menjelaskan mengenai program atau software tersebut mulai dari pengertian, fungsi, dan juga fitur yang tersedia.

Netbeans Adalah Software Yang Sering Di Gunakan

Pengertian NetBeans

Netbeans Adalah Software Yang Sering Di Gunakan

Bila ingin mempelajari dan juga memahami mengenai NetBeans, maka kalian itu harus mempelajari dulu apa sebenarnya itu. NetBeans adalah salah satu software yang sangat sering digunakan dalam dunia programmer atau digunakan oleh banyak developer. Jadi ini adalah aplikasi IDE atau Integrated Development Environment yang basis bahasanya itu Java dan berjalan di atas Swing.

Maksud dari Swing itu sendiri adalah teknologi yang memungkinkan pengembangan aplikasi desktop dan bisa berjalan pada berbagai platform sistem operasi. Sementara IDE atau Integrated Development Environment merupakan satu sistem pemrograman yang akan diintegrasikan ke dalam suatu perangkat lunak. Software ini bukan hanya mendukung bahasa Java saja, melainkan bisa dipakai membuat atau mengembangkan program dengan basis C atau C++.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi dengan jenis open source yang terbilang cukup sukses dan berhasil menarik banyak sekali pengguna. Komunitas dari pengguna aplikasi ini pun sudah semakin berkembang dan sudah memiliki sekitar 100 mitra bisnis dan mungkin akan terus berkembang. Sun Microsystems sebagai pihak sponsor utama sudah memulai dan mengembangkan sejak tahun 2000 dan sampai sekarang masih melanjutkan kerja samanya dengan NetBeans ini.

Sejarah NetBeans

Sejarah NetBeans

Sebenarnya aplikasi ini sudah dimulai dari tahun 1996 tapi pada masa itu nama dari aplikasi atau software ini adalah Xelfi. Aplikasi ini merupakan proyek Java IDE dari sekelompok mahasiswa Charles University yang ada di Prague. Setelah itu pada tahun 1997 Stanek Romawi membentuk perusahaan khusus untuk mengkaji proyek aplikasi ini dan akhirnya muncul aplikasi IDE ini.

Akhirnya proyek aplikasi IDE ini pun kemudian dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 1999 dan kemudian dikembangkan sampai sekarang ini. Aplikasi ini pun terus mengalami perkembangan dan sekarang ini sudah mencapai di versi 6.0 dengan banyak dukungan yang disediakan. Berikut ini beberapa dukungan yang muncul pada versi 6.0 yang mungkin membantu sekali para programmer.

  1. Memberi dukungan dalam pengembangan modul IDE dan proses development yang didasarkan pada platform aplikasi IDE ini.
  2. Menyediakan Java Swing GUI Builder
  3. Meningkatkan CVS Dukungan
  4. Weblogic 9 dan Jboss 4
  5. Penggunaan editor yang jauh lebih baik dan juga lebih mudah

Perkembangan versi 6.0 ini sudah tersedia pada repository resmi dari Linux, sehingga para pengguna Linux sudah bisa memakai NetBeans versi 6.0 ini. Perkembangan yang terjadi pada aplikasi IDE ini memang memunculkan beberapa fitur baru yang mungkin jadi semakin menarik. Berikut ini beberapa penambahan yang muncul pada versi 6.0 dari aplikasi IDE yang dimiliki Sun Microsystems ini.

  1. Penambahan fitur Instant Messaging
  2. Ada fitur pengembangan program atau aplikasi dengan basis web dengan PHP 5.3, Framework Symfony, Zend Framework, dan lain-lain
  3. Ada juga navigasi kode yang jauh lebih mudah dan juga ada refactoring dalam beberapa bahasa yang ada.

Perkembangan ini tentu saja akan terus terjadi dan berlangsung ke depannya menyesuaikan kebutuhan dari perkembangan teknologi juga.

Spesifikasi Komputer Yang Cocok Untuk NetBeans

Untuk bisa menjalankan aplikasi atau software ini sudah pasti diperlukan spesifikasi komputer yang mungkin sesuai dengan standar mereka. Kalian harus mengetahui spesifikasi tersebut sebelum melakukan download NetBeans adalah ini supaya tidak sia-sia dalam download. Berikut kami akan informasikan spesifikasi apa saja yang sesuai dengan standar untuk menjalankan aplikasi ini dengan baik dan lancar.

  1. Sistem Operasi Windows

Untuk kalian yang menggunakan sistem operasi Windows itu membutuhkan spesifikasi komputer berikut ini.

  1. Prosesor 1,4 Ghz Intel Pentium III Workstation atau di atasnya
  2. RAM atau Memory minimal 1 GB untuk menjalankan aplikasi NetBeans
  3. Kapasitas penyimpanan yang masih tersisa itu minimal 1GB
  4. Sistem Operasi MacOS

Bila kalian mempergunakan sistem operasi MacOS, maka kalian butuh spesifikasi komputer berikut ini.

  1. Prosesor minimal Power PC G5 atau bisa juga di atasnya
  2. RAM atau memori yang dimiliki itu minimal adalah 1 GB
  3. Kapasitas penyimpanan atau disk space yang masih kosong itu minimal adalah 850 MB.
  4. Sistem Operasi Linux

Apabila kalian mempergunakan sistem operasi Linux, maka berikut ini spesifikasi komputer yang kalian butuhkan untuk menjalankannya.

  1. Prosesor yang digunakan minimal 1,4 Ghz Intel Pentium III Workstation atau bisa di atasnya
  2. RAM atau Memori yang dimiliki itu minimal 1 GB lebih baik lagi kalau lebih dari 1 GB
  3. Kapasitas penyimpanan yang masih bebas itu minimal adalah 1 GB, lebih baik kalau masih lebih luas dari itu.

Fitur Pada NetBeans

Salah satu hal yang membuat banyak orang mempergunakan aplikasi IDE ini adalah karena ada banyak sekali fitur yang disediakan. Fitur ini pada dasarnya akan sangat membantu para programmer untuk membuat atau mengembangkan suatu program tertentu. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi IDE yang sudah berkembang sampai versi 6.0 ini.

  1. Smart Code Completion

Ini memiliki fungsi untuk memberi usulan mengenai nama variabel dari tipe tertentu, melengkapi keyword dan juga memberi usulan mengenai tipe parameter dari metode yang ada.

  1. Bookmarking

Fitur Bookmarking ini memiliki fungsi untuk menandai baris yang suatu saat mungkin akan dimodifikasi.

  1. Go To Commands

Fitur Go To Commands ini adalah fitur yang memiliki fungsi untuk melompat ke variabel atau source code atau file yang terdapat pada projek yang sama.

  1. Code Generator

Code Generator adalah fitur yang memiliki fungsi untuk melakukan generate constructor, setter, getter method, dan proses yang lainnya.

  1. Error Stripe

Fitur Error Stripe ini akan bisa membuat tanda pada baris yang error, biasanya dengan memberi highlight merah pada baris yang error.

Kelebihan Dan Kekurangan NetBeans

Tentunya aplikasi pemrograman ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang memang harus kalian pahami dengan sebaik mungkin. Kalian perlu tahu kelebihan dan kekurangannya supaya kalian bisa menanggung resikonya dan bisa memaksimalkan aplikasi tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan terlebih dahulu apa saja sih kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi IDE ini.

  1. Aplikasi ini free atau gratis, kalian bisa NetBeans Download dengan mudah di situs resminya atau juga di situs pihak ketiga
  2. Aplikasi development program ini pun bisa berjalan di multi platform, jadi kalian bisa menjalankannya di sistem operasi apa saja
  3. Aplikasi NetBeans juga merupakan aplikasi Multi bahasa, jadi bukan hanya bisa mempergunakan bahasa Java saja lho. Kalian bisa mempergunakan bahasa pemrograman lain seperti Ruby, C/C++, bahkan bahasa PHP.
  4. Aplikasi ini sangat pas dipakai untuk pengembangan sistem dengan skala Enterprise terlebih pada paket tertentu. Di paket tertentu ada tambahan Glass Fish V2 UR2 dan Apache Tomcat 6.0.16 dengan Apache NetBeans.

Di balik semua kelebihan di atas tetap ada saja kekurangan dari aplikasi ini yang jelas harus kalian pahami sebelum memilih. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini.

  1. Aplikasi ini hanya support Java GUI Swing saja, padahal ada cukup banyak Java GUI lain yang lebih populer tapi belum support. Seperti misalnya ada Java GUI SWT dan JFace
  2. Kekurangan yang kedua adalah soal source code yang ada pada Java GUI sudah dipatenkan dalam Generate Code tertentu. Jadi para programmer atau developer tidak bisa mengubah isi dari source code pada Java GUI ini secara manual.
  3. Kekurangan yang terakhir adalah soal spesifikasi yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan aplikasi ini yang bisa dibilang cukup tinggi. Diperlukan RAM yang cukup besar dan juga kapasitas memory yang cukup lega untuk bisa menjalankan aplikasi NetBeans Termasuk juga soal prosesor yang digunakan pun juga harus cukup mumpuni.

 Fungsi Dari NetBeans Adalah

Ada beberapa fungsi dari aplikasi ini yang juga harus kalian pahami, berikut ini beberapa fungsi yang terdapat di aplikasi.

  1. Sebagai media untuk menulis
  2. Sebagai media untuk melakukan Compile
  3. Sebagai media untuk mencari error pada program dengan basis berbagai bahasa pemrograman yang ada.
  4. Aplikasi ini juga dipakai untuk menghasilkan program yang berjalan di desktop, web, mobile, sampai enterprise.

Cara Install NetBeans Adalah

Cara Install NetBeans

Informasi berikutnya yang harus kalian sadari bila ingin menggunakan aplikasi ini adalah kalian harus melakukan install terlebih dahulu. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja langkah yang harus diambil bila ingin melakukan install aplikasi tersebut.

  1. Langkah yang paling pertama itu adalah kalian harus melakukan download pada installer dari aplikasi tersebut terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat akan melakukan download netbeans, berikut ini beberapa di antaranya.
  2. Pastikan kalau koneksi cukup cepat dan stabil
  3. Kalian harus pastikan sistem operasi yang digunakan dan sesuaikan dengan file installer NetBeans yang sesuai dengan sistem operasi
  4. Bila menggunakan Windows pastikan dulu menggunakan 32 bit atau menggunakan 64 bit
  5. Pastikan download pada link yang tepat dan aman, kami sarankan kalian download melalui situs resmi
  6. Langkah yang kedua kalian cari file installer dari aplikasi dan kemudian kalian buka file installer tersebut dan akan muncul proses konfirmasi untuk download.
  7. Kalian tinggal klik next dan kemudian klik accept untuk beberapa syarat dan ketentuan kemudian terakhir kalian klik install.
  8. Setelah itu proses install akan berjalan dan kalian hanya perlu tunggu sampai proses install tersebut selesai. Kalian tidak perlu khawatir karena proses install ini sudah satu paket, jadi semua package pada aplikasi pun akan ikut terinstal.

Demikianlah informasi mengenai NetBeans yang merupakan aplikasi penting bagi para developer dan programmer.

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?